Minahasa Tenggara (ANTARA) - Proses belajar mengajar bagi para siswa di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut) tetap menggunakan sistem daring, meski daerah tersebut telah masuk zona hijau COVID-19.
"Kami saat ini masih menerapkan sistem belajar mengajar lewat daring. Karena kondisinya saat ini belum bisa untuk tatap muka secara langsung di sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Minahasa Tenggara Ascke Benu di Ratahan, Kamis..
Ia mengungkapkan, sejumlah fasilitas penunjang untuk proses belajar secara langsung di sekolah masih dalam persiapan.
"Untuk sanitasi dan fasilitas penunjang lainnya masih harus dipersiapkan. Makanya kami belum mau mengambil resiko untuk melakukan tatap muka langsung di sekolah," katanya.
Selain itu kata Ascke, untuk wilayah yang belum dijangkau jaringan komunikasi secara memadai, maka proses belajar mengajar dilaksanakan dengan sistem kunjungan ke rumah siswa.
"Ada juga sistem perkunjungan ke rumah-rumah siswa. Ini karena faktor jaringan komunikasi yang belum maksimal, atau ada juga yang tak ada jaringan. Jadi guru wajib melakukan kunjungan," jelasnya.
Dia menambahkan, mengajar dengan mengunjungi langsung para siswa tersebut wajib mengutamakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.
"Meski belajar di rumah tapi protokol kesehatan harus diutamakan. Kami juga meminta peran orang tua dalam proses belajar dari rumah ini, sehingga dapat lebih maksimal," tandasnya.***3***
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024