Tips Memanfaatkan Layanan Belanja Online dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit Secara Efektif

Tips Memanfaatkan Layanan Belanja Online dengan Cicilan Tanpa Kartu Kredit Secara Efektif

Ilustrasi Pinjaman Online (Pixabay) (Pixabay/)

Hanya dengan memanfaatkan gawai dan koneksi internet saja, berbagai kebutuhan mulai dari yang sifatnya primer hingga tersier bisa didapatkan dengan mudah. Ditambah lagi, saat ini fitur dalam belanja daring menjadi lebih kompleks berkat ditambahkannya sistem pembayaran dengan metode cicilan tanpa kartu kredit.
Merupakan hasil pengembangan teknologi yang menggabungkan antara layanan belanja dan pinjaman online 24 jam, program tersebut tentunya bisa membuat kegiatan berbelanja menjadi lebih praktis, terutama jika belum memiliki dana yang cukup untuk melakukan pembayaran penuh.

Nah, agar kemudahan yang ditawarkan program belanja dengan cicilan tanpa kartu kredit daring bisa dimanfaatkan dengan baik, cek tips menggunakan layanan tersebut berikut ini.

1.Pilih Provider yang Aman dan Terpercaya

Sebagian masyarakat mungkin masih meragukan keamanan dari berbelanja daring dengan cicilan tanpa kartu kredit dibandingkan dengan layanan perbankan seperti KTA online atau kartu kredit. Entah karena takut menjadi korban penipuan, tidak memahami sistemnya, atau karena memang lebih menyukai pembelian produk dengan cicilan secara konvensional.

Padahal, sama seperti memilih toko daring maupun penyedia jasa apapun, asalkan telah terbukti trusted maka keamanannya pun tidak perlu diragukan lagi. Layanan belanja daring dengan cicilan tanpa kartu kredit merupakan program dari provider kredit online, dimana jika lembaga tersebut telah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sudah jelas bahwa legalitasnya telah terjamin.

2.Tinjau Reputasi Seller

Ketika provider layanan belanja daring dengan cicilan tanpa kartu kredit telah memiliki kerjasama dengan merchant online, pastikan untuk memilih berbelanja di tempat penjual yang sudah terbukti terpercaya. Selain untuk menghindari penipuan, upaya tersebut juga dilakukan untuk mendapatkan pelayanan yang baik dari toko tersebut.
Merchant online rata-rata menyediakan section berupa pemberian rating dan ulasan produk maupun toko dari para pembelinya. Umumnya, penjual dengan reputasi yang baik menjual produk yang sesuai dengan foto, memproses pesanan dengan cepat, serta responsif untuk membalas pertanyaan pembeli, baik ketika mendapat pertanyaan tentang produk yang dijual maupun untuk menanggapi komplain.

3.Cermati Promo Produk

Tak hanya pihak provider kredit online, merchant online beserta penjual yang berkecimpung dalam dunia perbelanjaan tentunya memiliki berbagai strategi untuk menarik perhatian masyarakat. Oleh sebab itu, tentu tidak heran jika berbagai promo menggiurkan seperti diskon besar, cashback, serta buy 1 get 1 banyak peminatnya.

Namun, cermati dahulu dan jangan gegabah untuk melakukan pembelian. Pelajari lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuannya agar tidak kecewa apabila ternyata promo yang digunakan tidak memberikan manfaat seperti yang dibayangkan.

Selain itu, rata-rata promo memang bertujuan agar pembeli bisa memangkas biaya belanja mereka. Namun, jika tidak memiliki kontrol yang baik, barang yang sebenarnya tak dibutuhkan pun bisa saja ikut terbeli karena alasan lapar mata saja. Jadi, tekankan prinsip bahwa pembelian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan saja, dan jangan mudah tergiur dengan penawaran menarik agar kredit tetap terkendali.

4.Perhatikan Harga Produk, Bunga Kredit, dan Biaya Tambahan Lain

Untuk mendapatkan nominal cicilan terbaik, perhatikan harga dari produk yang ingin diajukan kreditnya beserta besaran bunga yang dibebankan. Sebab kini membandingkan harga produk bisa dilakukan dengan mudah, cari yang lebih murah namun dijual oleh pihak penjual yang terpercaya.

Akan tetapi, demi alasan keamanan, usahakan untuk lebih berhati-hati terutama saat memutuskan untuk membeli produk yang dibanderol dengan harga cukup mahal, seperti smartphone. Agar terhindar dari penipuan, usahakan untuk tidak berpatokan pada harga yang murah saja, namun juga reputasi toko dan keaslian produk.

Setelah menentukan produk yang dibutuhkan, perhitungkan besaran bunga yang dibebankan beserta biaya tambahan lain, lalu pertimbangkan apakah cicilan produk tersebut sesuai dengan kemampuan finansial atau tidak. Dengan langkah tersebut, risiko tidak bisa membayar cicilan pun bisa diminimalisir.

Gunakan Layanan Belanja Daring Bersistem Cicilan Tanpa Kartu Kredit dengan Tepat, dan Dapatkan Manfaatnya

Hadirnya layanan cicilan daring tanpa kartu kredit dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pada masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya melalui berbelanja. Pastinya, layanan tersebut bisa berfungsi maksimal jika penggunanya memiliki kemampuan untuk memanfaatkannya dengan bijak dan cermat.

Jadi, sebagai pengingat, pilih provider layanan, merchant, serta penjual yang aman dan telah mendapatkan reputasi baik agar terhindar dari tindak penipuan. Lalu, agar kredit tidak memberatkan, pertimbangkan harga produk beserta besaran bunga dan biaya tambahan lainnya, serta jangan mudah tergiur dengan berbagai promo menarik. Terakhir, selalu upayakan untuk menyetorkan cicilan sebelum tiba batas akhir pembayarannya.

Nah, mudah bukan untuk menggunakan secara efektif layanan belanja online dengan cicilan tanpa kartu kredit?
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024