TRIPLE-1, Inc. umumkan prosesor AI "GOKU" untuk pembelajaran mendalam yang menggunakan proses 5-nanometer terdepan di dunia

6685 Views

Press Release (Asianet)

AsiaNet 82789

FUKUOKA, Jepang, 7 Februari 2020 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

TRIPLE-1, Inc. (untuk selanjutnya "TRIPLE-1") yang berbasis di Fukuoka, Jepang Barat Daya, telah mengumumkan pengembangan prosesor AI "GOKU" untuk pembelajaran mendalam yang menggunakan proses 5-nanometer terdepan di dunia.

Logo: https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M105925/202002056475/_prw_PI1im_ZR3VAL3t.png

- Pratinjau

"GOKU" merupakan prosesor AI untuk pembelajaran yang menggunakan proses 5-nanometer yang terlahir dari pengembangan proses TSMC-7 "KAMIKAZE". Ini memanfaatkan pengetahuan inti seperti kemampuan rancangan, optimisasi dari konsumsi daya, dan menghasilkan proses peningkatan dalam proses mutakhir yang dikembangkan dalam proyek "KAMIKAZE" dimulai pada Februari 2017.

Selain itu, dengan kerjasama lembaga penelitian (terkait dengan arsitektur inti AI), teknisi terkemuka TRIPLE-1, yang telah terlibat dalam pengembangan ASIC selama lebih dari 20 tahun, merancang sirkuit. Prototipe tahap pertama telah diselesaikan, dan perusahaan memeriksa kinerjanya. Berupaya mewujudkan produksi massal pada tahun 2021, ini akan menyelesaikan prototipe lebih dekat ke produk yang diproduksi secara massal dalam tahun 2020. Ini akan dijual untuk perlengkapan dan produsen perangkat untuk data server atau pusat pembelajaran mendalam di seluruh dunia, dan TRIPLE-1 sudah mulai membahas kesepakatan komersial dengan banyak perusahaan.

Foto:
https://kyodonewsprwire.jp/prwfile/release/M105925/202002056475/_prw_PI2lg_aL0m486W.jpg
 (*Gambar penyelesaian yang diharapkan untuk tujuan ilustrasi. Ini mungkin berbeda dari produk yang sebenarnya.)

- Latar belakang pengembangan

Dalam beberapa tahun terakhir, bermacam perusahaan telah memasuki pasar chip AI, termasuk tidak hanya perusahaan besar IT namun juga start-up yang tumbuh dengan cepat di Tiongkok. Seiring meningkatnya persaingan untuk pengembangan chip AI tepi, pasokan oligopoli oleh beberapa perusahaan besar berlanjut di pasar prosesor AI pembelajaran mendalam. Saat ini tidak ada chip yang diproduksi secara massal yang lebih kecil dari proses 12-nm.

Di samping itu, konsumsi elektrik dari pusat data diharapkan melebih 10% dari seluruh energi elektrik dunia pada tahun 2020. TRIPLE-1 percaya bahwa prosesor AI untuk pembelajaran mendalam butuh tidak hanya "komputasi daya" tinggi untuk mempelajari dan memproses sejumlah data besar, namun juga sudut pandang yang parah pada "konsumsi daya" dari perspektif konservasi energi dan pengurangan biaya.

Karena itu, TRIPLE-1 telah meluncurkan proyek untuk mengembangkan "GOKU", sebuah prosesor AI pembelajaran mendalam yang didedikasikan untuk konsumsi daya ultra-rendah, Menggunakan proses 5 nm sangat maju di dunia dan memanfaatkan teknologi daya rendah/kinerja tinggi yang unik dan keahlian desain dalam proses mutakhir.

- "GOKU," prosesor AI untuk pembelajaran mendalam dengan proses 5-nm terdepan di dunia

Fitur: Menggunakan proses 5 nm terkemuka di dunia, ini memiliki 10 kali efisiensi daya lebih tinggi dibandingkan proses konvensional.

Tujuan TRIPLE-1 adalah untuk mengurangi konsumsi daya hingga 1/10 dari kinerja yang setara dibandingkan dengan produk konvensional (proses: 12 nm), dan fitur-fiturnya merupakan operasi tegangan rendah yang tidak dapat dibayangkan dengan produk yang ada.

- Proses: 5 nm
- Konsumsi daya: 100 W
- Kinerja puncak (setengah presisi): 1 PFLOPS (1.000 TFLOPS)
- Efisiensi listrik (setengah presisi): 10 TFLOPS / W
Fitur: Dirancang untuk menghubungkan beberapa unit kalkulasi

Seperti struktur otak manusia, di mana sinapsis menghubungkan neuron dalam cara yang kompleks, komunikasi jumlah besar serta komunikasi antar-inti yang sangat kompleks penting untuk prosesor AI pembelajaran mendalam.

Memanfaatkan teknologi desain sirkuit unik dari "GOKU" yang mengatur banyak unit aritmatika kecil pada satu die besar sebanyak mungkin, dirancang untuk mengamankan jalur komunikasi (interkoneksi) antara unit aritmatika sebanyak mungkin. Ini telah dirancang untuk lebih dekat ke otak manusia.

Fitur: Sebagian dirancang secara analog untuk mengoptimalkan kinerja pengganda

Sirkuit pengganda yang mengonsumsi daya secara tinggi adalah rancangan analog. Dengan merancang analog (penempatan tangan dan kabel tangan) alih-alih digital (penempatan dan kabel otomatis), dapat dirancang dengan hati-hati dan dirancang dengan tangan untuk meminimalkan konsumsi daya.

- Tantangan untuk 5 nm. Teknologi peningkatan hasil unik yang digunakan dalam proses mutakhir

Ketika proses menyusut, masalah hasil menjadi lebih kompleks. Penentu utama hasil dalam proses konvensional adalah terjebak pada kesalahan dan variasi karakteristik antara banyak. Namun, dalam proses yang sangat canggih, perbedaan karakteristik antara chip yang dihasilkan dari wafer tunggal dan variasi dalam chip tunggal telah menjadi masalah utama. Ini telah menjadi masalah serius yang secara langsung terkait dengan biaya produksi dalam produksi massal, dan sudah masuk akal bahwa mengatasi masalah ini tergantung pada peningkatan teknologi manufaktur dari pengecoran (perusahaan pembuat chip kontrak) yang bertanggung jawab untuk produksi semikonduktor.

Mempertimbangkan situasi ini, TRIPLE-1 telah berhasil mengkomersialkan teknologi desain sirkuit unik yang mengurangi efek variasi karakteristik dalam proses yang sangat canggih dan meningkatkan hasil yang efektif. Dengan melakukan itu, perusahaan tidak hanya dapat mengejar kinerja tinggi tetapi juga menghasilkan produk yang berbiaya kompetitif, dan produknya akan digunakan di seluruh dunia.

Garis besar TRIPLE-1
Nama perusahaan: TRIPLE-1, Inc.
Perwakilan: Direktur Perwakilan CEO Takuya Yamaguchi
Kantor pusat perusahaan:
7F IT Bldg.2, 1-14-20 Hakataeki-Higashi, Hakata-ku Fukuoka-shi, Prefektur Fukuoka, Jepang
Modal: 3.662.895.398 yen (termasuk cadangan modal)
URL: https://triple-1.com/en/

Sumber: TRIPLE-1, Inc.
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar