Jakarta (ANTARA) - PT Sharp Electronics Indonesia berambisi mendongkrak porsi penjualan ke pasar ekspor dari saat ini 3-4 persen menjadi 20-30 persen pada 2025.

"Tahun 2020 kami ingin meningkatkan ekspor, menjadi 15 persen, dari saat ini hanya 3-4 persen," kata Senior GM Penjualan Nasional PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Andry Adi Utomo, di sela-sela peluncuran Sharp Mobile Display Truck di Jakarta, Rabu.

Peningkatan ekspor tersebut sejalan dengan penambahan kapasitas pabrik mesin cuci, hasil relokasi pabrik Sharp di Thailand, yang belum lama ini (16/7/2019) diresmikan Menperin Airlangga Hartarto di Karawang, Jawa Barat.

Dengan relokasi tersebut kapasitas produksi mesin cuci sharp naik dari 1,1 juta unit menjadi 1,4 juta sampai 1,5 juta unit per tahun.

Selain itu Sharp Indonesia yang bakal berusia 50 tahun pada 2020 juga memproduksi 1,2 juta unit televisi dan 1,2 juta unit lemari es.

Andry juga mengemukakan Sharp juga berencana merelokasi pabrik pengatur suhu dalam ruang (AC) dari Thailand ke Indonesia dengan investasi mencapai sekitar Rp200 miliar.

"Saat ini penjualan AC cukup besar mencapai 80.000 unit dan 30.000 unit di antaranya AC 1/2 PK," ujarnya.

Menurut Andry, dengan relokasi dan penambahan kapasitas produksi, maka Sharp Indonesia akan semakin mudah memproduksi produk local fit yang sesuai pasar Indonesia, sehingga ekspansi pasar pun semakin mudah.

"Kami bisa produksi local fit dengan leluasa dan bisa tingkatkan ekspor hingga 20-30 persen pada 2025, baik ke Thailand, Singapura Malaysia, Bangladesh, dan lainnya," kata Andry.
 
Presdir PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Shinji Teraoka (kiri) dan Senior General Manager Penjualan Nasional SEID Andry Adi Utomo (kedua dari kiri) pada peluncuran Sharp Mobile Display Truck di Jakarta, Rabu. (ANTARA/Risbiani Fardaniah)p



Namun, Sharp Indonesia juga memiliki ambisi lainnya, yaitu mencapai target penjualan domestik sebesar Rp11 triliun pada saat HUT ke-50 yang jatuh tahun 2020.

Untuk mencapai target itu, Sharp Indonesia meluncurkan lima Sharp Mobile Display Truck yang akan mendatangi 170 kota-kota kecil di Indonesia untuk memperkenalkan dan memasarkan produk elektronik Sharp.

"Kami ingin Sharp tetap menjadi pilihan utama keluaga di Indonesia," kata Presdir SEID Shinji Teraoka menambahkan.

Baca juga: Sharp bidik peningkatan penjualan dengan meluncurkan truk mobile

Baca juga: Menperin minta Sharp tingkatkan kinerja ekspor




Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019