Wagub Bali sambut rencana kerja sama dengan Ho Chi Minh City

id kerja sama pariwisata,sister province vietnam bali,wagub bali ,pemprov bali

Wagub Bali Cok Ace saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang, di Denpasar beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Pemprov Bali/aa.

Denpasar (ANTARA) - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik rencana kerja sama "Sister Province" antara Ho Chi Minh City, Vietnam, dengan Bali.

"Kami menyambut baik rencana kerja sama ini. Dengan kerja sama ini, kita bangun pariwisata yang menguntungkan bagi kedua belah pihak," kata Wagub Bali yang akrab dipanggil Cok Ace itu saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang di Denpasar, Senin.

Cok Ace mengharapkan kerja sama ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan khususnya kunjungan wisatawan Eropa ke Bali dan demikian sebaliknya wisatawan Eropa yang ke Bali menuju ke Ho Chi Minh City.

"Mari bersama kita tingkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Di samping menjalin kerja sama dari sektor lainnya seperti perdagangan dan kebudayaan," ujarnya yang juga Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali itu.

Baca juga: Indonesia-Vietnam berupaya tingkatkan hubungan pariwisata

Dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang menyampaikan bahwa hubungan antara Vietnam dan Indonesia telah terjalin erat sejak 1955 yang dibangun Presiden Vietnam saat itu Ho Chi Minh dengan Presiden Indonesia Soekarno.

Menurut Pham, hubungan erat kedua negara ini ke depannya perlu terus ditingkatkan. Peningkatkan persahabatan dan kerja sama yang baik antara Vietnam dan Indonesia akan membuka banyak peluang bagi komunitas bisnis kedua negara dalam menjajaki mitra baru, memperluas pasar dan meningkatkan kerja sama pariwisata di antara kedua negara.

Pada 2018, jumlah wisatawan asing yang mengunjungi Vietnam mencapai 15,4 juta, hampir menyamai Indonesia yang kurang lebih 15,8 juta wisatawan. Untuk itu peningkatan kerja sama khususnya dalam bidang pariwisata perlu dilakukan, salah satunya dengan kerja sama "Sister Province" antara Ho Chi Minh City dengan Bali.

Sebagai daerah tujuan pariwisata dunia, Bali dengan budaya dan kondisi alamnya serta keramah tamahan penduduknya telah menarik banyak wisatawan dunia khususnya wisatawan dari Negara China dan Australia.

Kondisi serupa juga dengan Ho Chi Minh City dimana Ho Chi Minh merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata dunia yang terkenal di Vietnam yang banyak dikunjungi wisatawan dunia khususnya wisatawan dari Negara Eropa.

"Baru-baru ini juga sudah dibuka penerbangan langsung dari Ho Chi Minh dan Bali. Ditambah dengan kerja sama Sister Province ini kita akan membangun dan mengembangkan pariwisata serta sektor lainnya yang akan menguntungkan kedua belah pihak," ujarnya.
Baca juga: Dubes yakini target 10 miliar dolar perdagangan RI-Vietnam tercapai

Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar