Disbudpar Ternate siap dukung kegiatan olahraga pariwisata

id olahraga wisata,sportainment,ternate

Objek Wisata Jikomalamo Kota Ternate (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) siap mendukung setiap penyelenggaraan kegiatan olahraga wisata di daerah itu, karena akan memberi kontribusi terhadap promosi pariwisata dan peningkatan kunjungan wisatawan.

"Seperti penyelenggaraan lomba triathlon di Ternate pada September mendatang, Disbudpar memberi dukungan penuh untuk kesuksesan penyelenggaraannya," kata Kepala Disbudpar Ternate Samin Marsaoly di Ternate, Jumat.

Dukungan Disbudpar terhadap penyelenggaraan kegiatan olahraga pariwisata itu, di antaranya berupa penyiapan objek wisata yang dijadikan lokasi penyelenggaraannya serta berbagai dukungan teknis lainnya yang menjadi kewenangan Disbudpar.

Menurut dia, selain lomba triathlon kegiatan olahraga wisata lainnya yang juga potensial digelar di Ternate adalah lomba lari maraton mengelilingi Pulau Ternate, lomba renang menyebrang laut antara Pulau Ternate dan Pulau Tidore dan lomba mancing.

Penyelenggaraan lomba kegiatan olahraga pariwisata itu di Ternate diyakni akan banyak diminati peserta, termasuk dari luar negeri kalau kegiatannya berskala internasional karena mereka ingin sekaligus menikmati berbagai potensi wisata yang ada di daerah ini.

Potensi wisata yang dimiliki Ternate, kata Samin Marsaoly, sangat beragam mulai dari wisata peninggalan sejarah, wisata alam sampai wisata bahari, yang semuanya saling berdekatan sehingga tidak membutuhkan biaya besar dan waktu yang lama untuk menjangkaunya.

Objek wisata sejarah di Ternate di antaranya Kedaton Kesultanan Ternate dan Benteng peninggalan kolonial, sedangkan objek wisata alam di antaranya Gunung Gamalama dan Danau Tolire sementara objek wisata bahari di antaranya Pantai Sulamadaha dan keindahan bawa laut.

Ia menambahkan, akses transportasi yang cukup lancar dari dan ke Ternate, baik transportasi udara dan laut juga akan memudahkan peserta yang ingin mengikuti kegiatan olahraga pariwisata di Ternate.

Sebelumnya pengurus Federasi Triathlon Indonesia Ternate menyebutkan lomba triathlon yang akan digelar tanggal 21 September di Ternate akan diikuti sedikitnya 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dengan mempertandingkan lima kategori.

Baca juga: Ridwan Kamil Ikut Lari 5K Bandung West Java Marathon
Baca juga: Athletica Talent dorong bibit marathon dari Pangalengan

Pewarta : La Ode Aminuddin
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar