Dari tujuh kontainer itu, dua di antaranya dikirim melalui ke Perancis dan lima lainnya ke Hongkong. Keduanya dikirim melalui Singapura,
Batam (ANTARA) - Bea dan Cukai memulangkan limbah plastik impor ke negara asalnya (reekspor) Perancis dan Hongkong melalui Pelabuhan Batuampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin.

"Hari ini kami melakukan reekspor tujuh kontainer hasil dari rekomendasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan" Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Susila Brata.

Dari tujuh kontainer itu, dua di antaranya dikirim melalui ke Perancis dan lima lainnya ke Hongkong. Keduanya dikirim melalui Singapura.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dari 65 kontainer yang diperiksa 49 di antaranya melanggar aturan dan harus direekspor ke negara asalnya.

Ia menambahkan, pemulangan kontainer limbah itu dilakukan secara bertahap sampai selesai.

"Yang lain tiga perusahaan segera reeskspor," ujar dia.

Baca juga: DPRD Kepri desak ekspor ulang 49 kontainer limbah

Kontainer berisi limbah itu akan dikirim ke negara asalnya, di antaranya Amerika Serikat, Perancis dan Jerman.

Seluruh sampah harus sudah dikirim, paling lambat 12 September 2019, sesuai ketentuan, 90 hari setelah barang tiba di Batam.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Notofimasi Limbah B3 dan non-B3 KLHK Rima Yulianti mengatakan sesuai dengan hasil pemeriksaan sebelumnya, maka 49 kontainer limbah harus direekspor.

"Pemeriksaan lab hasilnya ada kontaminasi b3," lanjut dia.

Baca juga: KLHK minta Kemendag perjelas detail HS Code

Ia menegaskan, seluruh biaya pengiriman kembali ditanggung importir.

Sementara itu, sebelum dikirim, kontainer diperiksa secara random demi memastikan tidak ada yang tertukar dengan kontainer lain.

Baca juga: Berisi limbah, lima kontainer kertas bekas direekspor ke AS

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019