Jakarta (ANTARA) - Perhiasan emas perlu mendapatkan perawatan rutin, apalagi jika disimpan dalam jangka waktu lama dan pada musim hujan. Bagaimana langkah tepat perawatan perhiasan emas agar tidak terlihat kusam?

Direktur pelaksana dari The House of MBj India Gautam Soni, seperti dilansir Indian Express, Senin, memberikan sejumlah tips perawatan perhiasan emas:

1. Simpan di dalam kotak terpisah

Anda harus menyimpannya dalam kotak terpisah untuk memastikan perhiasan emas tidak bercampur dengan aksesori lain. Penyimpanan perhiasan emas secara terpisah juga menjaga terpapar cat dan menghindari goresan.

2. Kantong beludru

Paparan lembap berlebih bisa mempengaruhi perhiasan. Anda sebaiknya membawa aksesoris di kantong beludru karena bisa melindungi perhiasan dari kelembapan udara sehingga aman untuk waktu penyimpanan yang lebih lama.

Baca juga: Ekspor perhiasan emas Indonesia ke AS diperkirakan terus meningkat

3. Jaga dari air

Jauhkan perhiasan emas Anda dari air karena air dapat merusaknya. Terkadang, ada sebagian orang yang membiarkan cincinnya terpapar sabun dan air sehingga menyebabkan perhiasan itu kehilangan kemilaunya. Menghindari kontak dengan air dapat membuat lapisan pengilat perhiasan bertahan lebih lama. Jika Anda ingin membersihkan, gunakan air hangat untuk perhiasan Anda.

4. Gel silika

Silica membantu menyerap kelembaban berlebih sehingga menjaga cincin dan rantai perhiasan Anda tetap berkilau.

5. Jauhkan dari air hujan

Air hujan bisa merusak kemilau perhiasan Anda. Tapi jika sudah terlanjur terpapar, pastikan segera mengeringkannya, lalu simpan kembali ke dalam kotak.

Baca juga: Kementrian Perindustrian dorong "branding" produk perhiasan

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019