Anggota pramuka Jambi ikut jambore dunia di Amerika Serikat

id pramuka

Gubernur Jambi Fachrori Umar bersama Ilham Harmawan F dari Kwartir Cabang Merangin dan Ginda Maula Dionanta dari Kwartir Cabang Batanghari yang akan mengikuti Jambore Dunia di Amerika Serikat. (Foto/Humas Prov Jambi)

Jambi (ANTARA) - Dua orang anggota pramuka tingkat penggalang dari Provinsi Jambi dikirim untuk mengikuti Jambore Pramuka Tingkat Dunia di The Summit Betchel Reserve’s, West Virginia, Amerika Serikat, yang digelar pada 22 Juli hingga 2 Agustus 2019.

"Saya mengharapkan kepada mereka yang mengikuti Jambore Dunia ini, untuk dapat membawa nama Provinsi Jambi di kancah internasional, sehingga nama Jambi lebih dikenal lagi di mata dunia karena prestasi yang berhasil kita raih," kata Gubernur Jambi, Fachrori Umar saat menerima peserta Jambore Dunia ke-24 Tahun 2019 di Jambi, Selasa.

Jambore Pramuka Tingkat Dunia atau biasa disebut Jambore Dunia ini merupakan pertemuan anggota pramuka dari seluruh negara di dunia khususnya pramuka tingkat penggalang dan penegak dengan usia 14 hingga 17 tahun.

Ia menyampaikan, Provinsi Jambi melalui Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi mengirimkan dua orang pramuka penggalang, yakni Ilham Harmawan F dari Kwartir Cabang Merangin dan Ginda Maula Dionanta dari Kwartir Cabang Batanghari.

"Mereka merupakan anggota pramuka penggalang garuda terbaik di Provinsi Jambi yang telah melewati tahapan seleksi begitu ketat di masing-masing Kwartir Cabang, sehingga merekalah yang akan mewakili Provinsi Jambi pada Jambore Dunia," jelasnya.

Mereka nantinya akan menuju Jakarta pada 17 Juli 2019, yang kemudian akan dilepas secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku Kamabinas Gerakan Pramuka di Istana Negara pada 19 Juli 2019 untuk diberangkatkan mengikuti Jambore Dunia di Amerika Serikat.

Baca juga: Sekda Jabar lepas 58 anggota pramuka ke Amerika-Belanda

Gubernur mengingatkan kepada peserta Jambore Dunia asal Jambi untuk harus tetap bersemangat dalam membawa nama Provinsi Jambi di kancah internasional dan ingatkan kepada para peserta untuk mengikuti Jambore Dunia dengan semaksimal mungkin, sehingga dapat memberikan hasil yang terbaik bagi Indonesia, khususnya bagi Provinsi Jambi.

Fachrori juga minta seluruh masyarakat Jambi untuk turut mendoakan peserta Jambore Dunia dari Provinsi Jambi agar mereka bisa melakukan yang terbaik, sehingga mendapatkan hasil yang terbaik pula dan dapat mengharumkan nama Indonesia, khususnya nama Provinsi Jambi di mata dunia.

Baca juga: Presiden Singapura beri penghargaan kepada pengurus Pramuka Indonesia

Sementara itu Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi, Yevi Renaldi mengatakan Jambore Pramuka Tingkat Dunia dilaksanakan setiap empat tahun sekali yang diselenggarakan Organisasi Kepramukaan Dunia (World Organization Of Scout Movement).

Ia menjelaskan, dua orang perwakilan Provinsi Jambi itu telah mengikuti beberapa tahapan seleksi yang ketat di masing-masing Kwartir Cabang. Mulai dari persyaratan administrasi, wawasan, public speaking, kecakapan, keterampilan dan penguasaan seni budaya daerah Jambi.

"Jadi mereka inilah yang terbaik dari beberapa calon peserta dari masing-masing Kwartir Cabang yang akan mewakili Provinsi Jambi untuk mengikuti Jambore Dunia di Amerika Serikat," tambah dia.

Baca juga: Lesti D'Academy kangen ikut Pramuka

 

Pewarta : Nanang Mairiadi dan Dodi Saputra
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar