Jamaah calon haji asal Bangka Belitung tuntaskan tes biometrik

id Tes biometrik,Info haji,Info haji 2019,Jch bangka belitung,Jch bangka belitung tes biometrik,Tes biometrik embarkasi Palembang

JCH asal Provinsi Bangka Belitung nampak sedang melakukan tes biometrik di Asrama Haji Palembang, Minggu (14/7) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

Palembang (ANTARA) - Jamaah calon haji asal Provinsi Bangka Belitung sudah selesai melakukan tes biometrik di Embarkasi Palembang bersamaan dengan jadwal keberangkatan ke tanah suci.

Kepala Bidang Haji Kakanwil Kemenag Sumsel Muhammad Ali, Minggu (14/7), mengatakan terdapat tiga kloter Jamaah Calon Haji (JCH) asal Babel melaksanakan tes biometrik sejak Jumat hingga Minggu. Babel termasuk provinsi paling terakhir yang menyelesaikan tes biometrik.

"Sebenarnya bisa saja JCH Babel menyelesaikan tes biometrik bersamaan JCH Sumsel di Bulan Maret 2019, tapi repot bolak-baliknya, jadi sekalian saja berdekatan dengan jadwal keberangkatan," ujar Muhammad Ali.

Menurut dia, tes biometrik wajib dilaksanakan di embarkasi agar proses masuknya jamaah ke tanah suci tidak mengalami hambatan, untuk tes biometrik JCH asal Babel berjalan lancar meskipun dilaksanakan dalam waktu terbatas.

Baca juga: Jamaah calon haji diminta perbanyak konsumsi buah-buahan

Tes biometrik, kata dia, merupakan pemeriksaan analisa statistik karakter fisik dan perilaku manusia yang digunakan untuk proses identifikasi dengan mengambil data wajah, sidik jari, pengenalan iris dan pengenalan suara.

"Tes biometrik biasanya dilakukan saat JCH tiba di Saudi Arabia, tapi beberapa tahun terakhir sudah bisa dilaksanakan di tanah air karena efektif memangkas waktu pendataan," jelasnya.

JCH Provinsi Babel tergabung dalam Embarkasi Palembang yang mengharuskan keberangkatannya dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, total JCH asal Babel berjumlah 1.255 orang yang terbagi dalam kloter 7,8 dan 9 dengan keberangkatan terakhir hari ini.

Sementara data PPIH Embarkasi Palembang total JCH berjumlah 8.545 orang, terdiri dari 7.195 jamaah asal Sumsel, 1.255 jemaah asal Bangka Belitung, dan 95 petugas pendamping.

Keberangkatan dibagi menjadi 19 kloter dimulai 7 Juli hingga 25 Juli 2019 dengan Maskapai Saudi Arabia dari Bandara SMB II Palembang.

Baca juga: 443 calon haji Bangka Belitung dilepas gubernur

Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar