Pembangunan Kawasan Bisnis Tugu Koperasi tidak hanya untuk nilai komersial, juga ada idealisme dan gotong royong
Jakarta (ANTARA) - Pembangunan Kawasan Bisnis Tugu Koperasi yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat, segera akan dimulai dengan peletakan batu pertama pada Desember 2019 dan dijadwalkan selesai 2021.

"Pembangunan Kawasan Bisnis Tugu Koperasi tidak hanya untuk nilai komersial, juga ada idealisme dan gotong royong," kata Ketua Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia Iwan Setiawan dalam keterangan tertulis Kementerian Koperasi dan UKM yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia memaparkan pembangunannya diperkirakan menelan dana Rp200 miliar yang dihimpun dari partisipasi koperasi. Untuk itu, akan dibentuk koperasi sekunder dengan nama Koperasi Perisai Karya Anak Bangsa.

Baca juga: Dekopin ajak seluruh koperasi bergabung dalam koperasi berskala besar

Dengan mekanisme tersebut, koperasi-koperasi diajak bergabung sebagai anggota dengan partisipasi simpanan pokok Rp10 juta dan simpanan wajib Rp25 juta.

Diperkirakan return on investment (RoI) sebesar 13-14 persen dengan mencapai Break Even Point (BEP) pada tahun kedelapan.

Pembangunan Kawasan Bisnis Tugu Koperasi resmi diluncurkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga bersama Ketua Dekopin Nurdin Halid, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Bupati Banyumas Achmad Husein di sela-sela rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (11/7).

Baca juga: Menko Perekonomian: Pemerintah terus berusaha memeratakan perekonomian

Ridwan Kamil merupakan arsitek pembangunan Kawasan Bisnis Tugu Koperasi.

Iwan Setiawan mengatakan gagasan pembangunan Kawasan Bisnis Tugu Koperasi muncul setelah pertemuan dengan Menteri Puspayoga yang mengajak Forkom Koperasi Besar Indonesia melakukan gebrakan monumental menandai kebangkitan gerakan koperasi di Tanah Air.

"Menteri juga mengundang kami melihat langsung Tugu Koperasi di Tasikmalaya yang ternyata kondisinya sangat memprihatinkan. Aset koperasi tidak terpelihara padahal di tempat itu Kongres Pertama yang dihadiri oleh 500 patriot koperasi," kata Iwan yang juga Ketua Pengawas Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama.

Iwan menegaskan Kawasan Tugu Koperasi kelak menjadi wajah baru yang menunjukkan citra koperasi Indonesia yang hebat dan maju.

Selain itu, ujar dia, di atas lahan seluas hampir satu hektare tersebut akan dibangun hotel bintang empat dan kawasan bisnis yang diantaranya diperuntukkan bagi pusat UKM Tasikmalaya.

Baca juga: Menteri Puspayoga berikan penghargaan bagi insan koperasi
 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019