Beberapa yang belum rampung itu, seperti undangannya sisa didistribusi khusus lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel, karena kalau di luar Sulsel langsung menjadi tanggung jawab Kementerian PPPA
Makassar (ANTARA) - Persiapan puncak pelaksanaan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 yang bakal digelar pada 19-23 Juli mendatang di Makassar kini telah mencapai 60 persen, kata pejabat berwenang Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Sulawesi Selatan.

"Beberapa yang belum rampung itu, seperti undangannya sisa didistribusi khusus lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel, karena kalau di luar Sulsel langsung menjadi tanggung jawab kementerian, kalau kami memang tergantung dengan pihak Kementerian PPPA," kata Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak (DPPPA) Sulawesi Selatan, Nur Anti di Makassar, saat saat ditemui di Makassar, Rabu.

Selain itu, kata dia, beberapa hal yang masih dalam proses pembahasan seperti konsumsi dan berbagai teknis pembukaan acara. Pengisi acara juga saat ini tengah melakukan persiapan dengan intens latihan sebab seluruh pengisi acara pada puncak HAN 2019 diisi oleh anak-anak.

Adapun beberapa pengisi acara menjelang pembukaan seperti penampilan tari awo dari Kabupaten Sidrap, puisi musikal dari anak-anak binaan Lapas Maros, drama teatrikal gabungan dari berbagai SMP di Makassar, penampilan juara lomba suara anak Indonesia dan pakacaping asal Kabupaten Maros.

"Kami sudah koordinasikan dengan pihak-pihak yang terlibat termasuk pembaca doa dan MC. Karena semuanya anak-anak," katanya.

Bukan itu saja, kata dia, anak berkebutuhan khusus juga turut ambil bagian pada ajang nasional ini dengan menjadi bagian dari kelompok paduan suara. Para tuna rungu akan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan menggunakan bahasa isyarat, memimpin seluruh peserta HAN 2019 termasuk Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan bakal hadir.

Pada pelaksanaan HAN 2019, juga tersedia sembilan gerai pameran. Masing-masing gerai disiapkan untuk Forum Anak Daerah, Kementrian DPPPA dan tujuh gerai lainnya diperuntukkan bagi sejumlah daerah.

HAN 2019 bertema "Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak" itu, kata Nur Anti , juga menyiapkan sub-tema di sembilan gerai yang tersedia.

Sementara itu, Kepala Bidang Data dan Informasi Gender Anak DPPPA Sulsel,  Suciati Sapta Margani menyampaikan pihaknya juga tengah menyiapkan sukarelawan dari Forum Anak Sulsel yang akan dilibatkan pada bagian administrasi.

"Mereka akan membagikan kaos dan juga undangan peserta yang sudah distempel khusus karena ada screening-nya, jadi kalau tidak bawa itu maka peserta tidak bisa masuk," katanya.

Baca juga: Sulsel siap jadi tuan rumah Hari Anak Nasional

Baca juga: Anak difabel pimpin lagu Indonesia Raya pada HAN 2019

Baca juga: Peringatan Hari Anak Nasional 2019 dalam tiga rangkaian acara

Baca juga: KPPPA: Hari Anak Nasional 2019 fokus pada peran keluarga

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019