Ini konsep wisata Aceh layak dikunjungi wisatawan

id Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah ,pemprov aceh,pemerintah aceh,banda aceh,disbudpar

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Antara Aceh/M Haris SA

Banda Aceh (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyatakan provinsi tersebut memiliki baragam konsep wisata yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai dunia khususnya dari Malaysia.

“Aceh kaya akan beragam destinasi wisata yang tidak hanya dengan wisata bahari tapi ada juga wisata agro, religi dan konsep lainnya yang layak untuk dikunjungi,” kata Nova Iriansyah di sela-sela menerima peserta Famtrip Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru, Malaysia di rumah dinasnya, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan Sabang memang merupakan destinasi primadona di provinsi ujung paling barat Indonesia itu yang memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa yang tidak dimiliki daerah lain.

“Kita akui Sabang merupakan daerah wisata primadona, tapi Aceh juga memiliki ragam wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi termasuk wisata agro yang ada di kawasan Tengah Aceh dan juga wisata religi,” katanya.

Ia menjelaskan di Aceh banyak makam ulama besar di Asia Tenggara pada masa lampau, seperti Syekh Abdurrauf As Singkili dan juga makam leluhur kerajaan Malaysia yang dimakamkan di Aceh yang juga layak untuk dikunjungi oleh para tamu dari Negeri Jirang.

Nova mengatakan pihaknya juga terus melakukan pembenahan pada layanan pariwisata. seperti meningkatkan pembangunan fasilitas wisata dan menjaga kebersihan dalam upaya meningkatakan kunjungan wisata ke daerah setempat.

Nova Iransyah yang turut didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin juga mengajak rombongan Famtrip KBRI Johor Bahru, Malaysia yang berasal dari travel agen, pengusaha dan juga awak media untuk mempromosikan potensi pariwisata Aceh kepada turis asal Malaysia.

“Kami meyakini dengan adanya promosi yang dilakukan secara intens termasuk para pelaku wisata dari Asal Malaysia akan mampu meningkatkan kunjungan ke Aceh di masa mendatang,” katanya.

Pelaksana Fungsi Ekonomi Konsulat Jenderal RI Johor Bahru, Malaysia, Zainul Idris Yunus mengatakan para peserta Famtrip mendapat kesan menakjubkan setelah mengunjungi destinasi wisata di Aceh, khususnya di Sabang dan Banda Aceh.

“Pemandangan di Sabang sangat indah, bawah lautnya juga sangat menakjubkan, meraka mengaku kagum dan mereka akan kembali lagi untuk diving dan juga membawa tamu asal Malaysia untuk melancong ke Aceh,” katanya.

Zainul juga mengapresiasi akses jalan di Sabang. Menurutnya, jalan di sana sudah cukup bagus dan pihaknya juga berharap agar pemerintah daerah setempat khususnya dapat menjaga kebersihan dan sarana pendukung di kawasan wisata.

Baca juga: Banda Aceh tuan rumah Kongres Nasional Asosiasi Duta Wisata
Baca juga: Kadisbudpar: Putri Selam Indonesia Promosikan Wisata Aceh

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar