Saya juga mendorong BUMN untuk mengambil peran bagi kemajuan pariwisata di sini melalui program-program pemberdayaan ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mendorong BUMN untuk bersinergi dalam rangka memberikan dukungan bagi kemajuan pariwisata Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

"Saya menyaksikan sendiri objek-objek wisata di sini dan sangat potensial untuk terus dikembangkan. Saya juga mendorong BUMN untuk mengambil peran bagi kemajuan pariwisata di sini melalui program-program pemberdayaan ekonomi," ujar Menteri Rini Soemarno  saat mengunjungi objek-objek pariwisata daerah Kebumen, Jawa Tengah, Kamis.

Melalui keterangan tertulis, Rini Soemarno mendorong agar produk-produk unggulan masyarakat Kebumen nantinya bisa dijual di Rumah Kreatif BUMN (RKB). Selain itu BUMN juga akan bersinergi dengan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur pendukung pariwisata seperti pembangunan homestay. Selain itu Menteri Rini juga menegaskan keberadaan objek-objek pariwisata ini pada akhirnya juga mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Sekarang kita punya Bandara baru di Kulon Progo. Keberadaan pariwisata di sini nantinya akan mendukung bandara baru tersebut. Dari Bandara Kulon Progo ke Kebumen bisa ditempuh 1-1,5 jam. Inilah yang kita harapkan, pengunjung sudah bisa ke Kebumen lewat Kulon Progo," katanya.

Lokasi wisata yang dikunjungi oleh Menteri BUMN antara lain, wisata bahari seperti Pantai Menganti, Goa Dempok dan Jatijajar. Kedua objek wisata goa ini merupakan dua dari delapan destinasi wisata favorit di Kebumen yang dikenal dengan Geopark Karangsambung Karangbolong yang tersebar di desa-desa di Kebumen.

Sampai saat ini, pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam mendukung perekonomian masyarakat Kebumen.

Selain Pantai Menganti dan Goa Jatijajar, destinasi-destinasi wisata lainnya yang bisa dikunjungi di Kebumen adalah Pantai Legending, Pantai Sawangan, Pantai Watu, Waduk Sempor, Banteng Van Der Wick, dan Bukit Pentulu.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019