Kita sempurnakan pengetahuan dasar tersebut melalui kegiatan manasik ini. Semoga upaya ini mendapat ridho Allah SWT agar nantinya menjadi bekal bagi kita selama menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci
Lubuk Pakam (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, menggelar manasik haji akbar dalam upaya pendalaman materi terkait ibadah haji kepada calon haji asal daerah itu.

Wakil Bupati Deliserdang, HMA Yusuf Siregar di Lubuk Pakam, saat membuka manasik haji akbar tersebut, Senin, mengatakan kegiatan tersebut untuk membekali seluruh calon jamaah haji, agar pemahaman dan pengetahuannya semakin meningkat sebelum diberangkatkan menuju Tanah Suci di Arab Saudi.

"Karenanya mari kita sempurnakan pengetahuan dasar tersebut melalui kegiatan manasik ini. Semoga upaya yang kita lakukan ini mendapat ridho Allah SWT agar nantinya menjadi bekal bagi kita selama menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia manasik haji akbar, Ahmad Qosbi, mengatakan manasik haji tersebut digelar selama tiga hari dengan pemantapan materi dan peragaan.

Calon haji asal Deliserdang yang sudah dinyatakan berangkat pada tahun 2019 ini sebanyak 602 orang, terdiri atas sebanyak 243 laki-laki dan 359 perempuan yang tergabung dalam dua kelompok terbang.

Kelompok terbang pertama berjumlah 393 orang melalui Bandara Internasional Kualanamu dan kloter kedua berjumlah 214 orang juga diberangkatkan dari bandara yang sama.

"Calon haji tertua asal Deliserdang berusia 89 tahun atas nama Bubi Bin Ruslan dari Kecamatan Hamparan Perak, sedangkan termuda berusia 19 tahun atas nama Muhammad Rizaldi Ritonga Bin Drs. Zainaluddin Ritonga dari Kecamatan Namorambe," katanya.

Baca juga: Calon jamaah haji Siantar manasik akbar

Baca juga: Gubernur minta jamaah haji Sumut jadi teladan

Baca juga: Suasana haru warnai kedatangan jemaah haji Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019