Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal merekonstruksi atau membangun kembali Jembatan Kuning atau Jembatan Palu IV, Sulawesi Tengah, yang merupakan salah satu ikon kota Palu yang hancur akibat gempa dan tsunami pada September 2018.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto dalam rilis, Senin, mengatakan, rekonstruksi Jembatan Palu IV mendapatkan bantuan dari Pemerintah Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA) yakni berupa dana hibah senilai 2,5 miliar yen atau sekitar Rp325 miliar.

Penandatanganan Perjanjian Hibah antara Kementerian PUPR dan JICA tersebut juga telah dilakukan oleh Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto dan Kepala Kantor Perwakilan JICA Indonesia Shinichi Yamanaka di Jakarta, 21 Juni 2019.

Sugiyartanto dalam acara tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Jepang yang telah membantu dalam rehabilitasi dan rekonstruksi di Sulawesi Tengah.

"Bencana gempa dan tsunami telah mengakibatkan hancurnya sejumlah fasilitas dan infrastruktur publik, termasuk jalan dan jembatan," kata Sugiyartanto.

Untuk itu, ujar dia, rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur di Palu, Sigi, Donggala dan sekitarnya sangat krusial untuk memulihkan keadaan.

Sementara itu, Kepala BPJN XIV Palu Sulawesi Tengah A. Satriyo Utomo mengatakan saat ini rekonstruksi Jembatan Palu IV masih dalam tahapan persiapan lelang dan finalisasi desain jembatan.

"Panjang bentangnya direncanakan 250 meter, namun kita masih mendiskusikan apakah tipe jembatan cable stayed atau suspension bridge," kata Satriyo Utomo.

Sedangkan untuk penentuan lokasinya, menurut dia, direncanakan tidak jauh dari lokasi Jembatan Palu IV sebelumnya.

Satriyo berharap dengan kembali dibangunnya jembatan tersebut akan turut menjadi simbol kebangkitan dan optimisme masyarakat Palu pasca bencana. Ditargetkan paling lambat rekonstruksi Jembatan Palu IV dapat diselesaikan pada tahun 2022.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan kembali jembatan yang membentang di atas Teluk Talise diharapkan akan meningkatkan konektivitas jalan nasional dan membantu percepatan pemulihan Kota Palu.

Sebelum luluh lantak akibat bencana gempa dan tsunami pada September 2018 lalu, Jembatan Kuning atau Jembatan Palu IV tersebut telah dibangun sejak tahun 2006 oleh Pemerintah Kota Palu.

Baca juga: Jembatan Kuning Palu akan direkonstruksi
Baca juga: PUPR percepat perbaikan Jembatan Kuning Palu
Baca juga: Akhir dari romantisme jembatan lengkung Palu IV

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019