Presiden Jokowi menyatakan akan hadir pada acara puncak Hari Koperasi Nasional
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri puncak Hari Koperasi Nasional  yang jatuh pada 12 Juli 2019 di Gedung Olahraga Satria, Purwokerto Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Ketua Hari Koperasi Nasional 2019 Pahlevi Pangerang, di Jakarta, Senin, mengatakan rencana kedatangan presiden tersebut setelah pihaknya audiensi pada Januari 2019.

"Saat audiensi Januari lalu, Presiden Jokowi menyatakan akan hadir pada acara puncak Hari Koperasi Nasional," kata dia.

Apalagi, lanjut dia, pelaksanaan Hari Koperasi Nasional tiga tahun sebelumnya, presiden selalu datang sebagai bentuk dukungan untuk kemajuan koperasi di Tanah Air.

Pada acara puncak Hari Koperasi Nasional, kata dia, Presiden Jokowi juga diagendakan melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya menyematkan tanda kehormatan Satya Lencana Pembangunan dan Satya Lencana Wirakarya kepada sejumlah tokoh dan pejabat.

"Penghargaan tersebut diberikan kepada para tokoh maupun pejabat yang telah berjasa dalam pembangunan," kata Pahlevi.

Pelaksanaan rangkaian Hari Koperasi Nasional telah dimulai pada Maret dan berlangsung hingga Oktober 2019. Pada kegiatan tersebut terdapat sejumlah agenda yang berkaitan dengan pembangunan koperasi.

Beberapa agenda tersebut di antaranya Grebek Koperasi, Gerak Jalan Sejuta Koperasi, Jambore Koperasi Milenial Industri 4.0, renungan suci dan ziarah ke makam Bung Hatta, serta kegiatan lainnya.

"Beberapa agenda sudah ada yang berjalan seperti gerak jalan sejuta koperasi di Yogyakarta, Bali, Medan dan Pontianak," ujarnya.

Kemudian, kegiatan renungan suci dan ziarah ke makam Bung Hatta akan melibatkan para siswa di Jakarta untuk memberikan edukasi tentang perjuangan tokoh perekonomian nasional tersebut.

Baca juga: Sejarah koperasi di Kota Serambi Makkah hingga hijrah ke Syariah

Baca juga: Koperasi dinilai perlu "spin off" dorong konglomerasi sosial

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019