Bangkok (ANTARA) - Para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), di Bangkok, Thailand, Minggu (23/6), meluncurkan depot ketiga di bawah Sistem Depot Logistik Darurat Kemanusiaan untuk ASEAN (DELSA).

Depot ini terletak di Provinsi Chainat, Thailand sementara dua depot sebelumnya terletak di Filipina dan Malaysia.

DELSA adalah gudang logistik
tempat ASEAN menyimpan bantuan kemanusiaan.

DELSA yang didanai melalui Japan-ASEAN Integrated Fund (JAIF) bertujuan untuk mendukung distribusi bantuan kemanusiaan secara cepat di lokasi bencana.

Program ini merupakan persediaan yang dimiliki ASEAN pertama kali, dan operasionalnya dari dan untuk negara-negara ASEAN.

Termasuk di dalam program ini adalah peningkatan kapasitas berupa pelatihan logistik atau dukungan teknis terhadap Pusat Koordinasi ASEAN untuk Bantuan Kemanusiaan dalam penanggulangan bencana (AHA Centre) dan negara-negara ASEAN dalam logistik selama masa tanggap darurat.

Dalam sambutannya, Ketua ASEAN, PM Thailand Prayut Chan-o-cha mengatakan depot logistik di Provinsi Chainat akan memungkinkan ASEAN dan khususnya AHA Centre di Indonesia untuk secara lebih efektif melakukan mobilisasi dan distribusi barang-barang bantuan ke Negara-negara Anggota ASEAN yang terkena bencana di kawasan Asia Tenggara.

Berjejaring dengan depot logistik di Malaysia maupun Filipina, depot logistik di Thailand ini akan semakin memperkuat respons kolektif ASEAN terhadap bencana alam di bawah "One ASEAN, One Response" di seluruh ASEAN, ujar PM Thailand Prayut Chan-o-cha.

Depot logistik di bawah DELSA adalah dukungan lainnya dalam upaya mendukung tema Kepemimpinan ASEAN "Memajukan Kemitraan untuk Keberlanjutan".

DELSA yang dimulai pada Desember 2012 telah mendukung berbagai misi kemanusiaan di kawasan ASEAN seperti respon bencana topan Haiyan
dan banjir Myanmar beberapa waktu lalu.

Secara fisik, depot logistik ASEAN berada di dalam kawasan depot yang dikelola oleh United Nations Humanitarian Response Depot (UNHRD).

Baca juga: Kepala negara ASEAN apresiasi Indonesia terkait Outlook Indo-Pasifik

Baca juga: Presiden Jokowi hadiri pembukaan KTT Ke-34 ASEAN di Bangkok

Baca juga: Presiden tekankan penguatan bangunan ekonomi negara anggota ASEAN

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2019