Australia puji Menaker pertemukan pemerintah-pekerja-pengusaha

id Hanif dhakiri,menaker, ketenagakerjaan,serikat pekerja

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (ANTARA/ I.C.Senjaya)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Tenaga Kerja, Keterampilan, Bisnis Kecil dan Keluarga Australia Michaelia Cash memberikan pujian kepada Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri yang sering membuat pertemuan informal antara pemerintah, para pemimpin serikat pekerja, dan asosiasi pengusaha di rumah dinasnya.

"Saya lihat di Indonesia sudah sangat baik dan saya ingin belajar dalam dialog sosial itu," kata Michaelia melalui siaran pers Kemnaker di Jakarta, Rabu.

Menurutnya dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan di era revolusi industri 4.0 dibutuhkan adanya dialog sosial tersebut.

"Dialog sosial berguna dalam menghadapi tantangan ketenagakerjaan di era revolusi industri 4.0 yang berdampak pada berubahnya relasi hubungan industrial antara pekerja dan pemberi kerja," katanya.

Sementara Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan bahwa pertemuan itu dilaksanakan dalam rangka membangun relasi dengan para pekerja dan pengusaha.

"Dalam beberapa hal, posisi pemerintah, pekerja, atau pengusaha berbeda pandangan. Namun tidak berarti keduanya tak bisa duduk bersama, mencari solusi, dan melakukan kompromi. Inilah pentingnya dialog sosial," kata Hanif.

Hanif menegaskan bahwa dialog sosial menjadi penting karena tidak semua persoalan ketenagakerjaan diselesaikan dengan pendekatan hukum formal.

"Jika bisa persoalan bisa diselesaikan dengan dialog, tak perlu saling bersitegang," kata Hanif.

Hanif mengatakan perusahaan dan pekerja yang mengedepankan dialog sosial melalui pendekatan kultural, musyawarah mufakat, dan kekeluargaan maka akan menciptakan pola hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan.

"Dialog sosial merupakan kunci produktivitas dan kesejahteraan pekerja. Dengan dialog sosial yang baik, maka maka produktivitas perusahaan dan kesejahteraan pekerja bisa ditingkatkan levelnya dari waktu ke waktu,“ kata Menaker Hanif. * 

Baca juga: Menaker promosi tiga pilar pembangunan SDM di konferensi internasional
Baca juga: Menaker apresiasi peringatan Hari Buruh berlangsung aman

 

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar