perlunya pembahasan penanganan kesenjangan kualitas infrastruktur, ketenagakerjaan, hingga kepada pemberdayaan perempuan
Jakarta (ANTARA) - Indonesia akan membahas sejumlah persoalan ekonomi dan keuangan global dalam forum KTT G-20 di Osaka, Jepang

"Pada KTT G20 di Jepang, masih sama, kita ingin mengangkat, membicarakan yang pertama mengenai persoalan ekonomi dan keuangan global, terutama yang berkaitan dengan perdagangan dan investasi," kata Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaan rapat terbatas bertopik Persiapan Kunjungan Kerja Presiden ke KTT ASEAN dan KTT G-20 di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Menurut Presiden, dalam menghadapi perkembangan teknologi, Indonesia juga membahas langkah-langkah inovasi bagi kemajuan ekonomi digital maupun pengembangan kecerdasan buatan.

Presiden juga mengungkapkan perlunya pembahasan penanganan kesenjangan kualitas infrastruktur, ketenagakerjaan, hingga kepada pemberdayaan perempuan.

Rapat yang dimulai pada pukul 14:00 WIB itu juga membahas persiapan KTT Ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand.

Baca juga: Presiden akan angkat isu ekonomi dan lingkungan dalam KTT ASEAN

KTT G20 akan diselenggarakan pada 28-29 Juni 2019 di Osaka, Jepang. Forum itu akan mempertemukan sejumlah pemimpin negara anggota G20 yakni Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Tiongkok, Uni Eropa, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Kerajaan Inggris, dan Amerika Serikat.

Perhelatan itu akan mengangkat sejumlah tema yakni ekonomi dunia, investasi dan perdagangan, inovasi, lingkungan dan energi, lapangan kerja, pemberdayaan perempuan, pembangunan, serta kesehatan.

Beberapa hal yang juga akan dibahas di tengah-tengah KTT G20 yakni mengenai perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, serta reformasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).
Baca juga: Dirjen Tavares jelaskan kategori pembahasan pertemuan KTT ASEAN ke-34

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019