Kita ingin tunjukkan di Malioboro sebagai 'panggung yang panjang'
Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta akan menjadikan wilayah Malioboro sebagai arena pertunjukan seni saat destinasi wisata belanja di Kota Yogyakarta itu telah resmi menjadi kawasan semipedestrian.

"Kita tahu orkestra di Jakarta itu kan 90 persen dari Yogyakarta. Kita ingin tunjukkan di Malioboro sebagai 'panggung yang panjang' di situ," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo saat ditemui di kantornya, Yogyakarta, Rabu.

Selain tetap menjadi pusat wisata belanja di Kota Gudeg, menurut dia, trotoar di sepanjang Jalan Malioboro mampu menjadi wahana bagi para seniman Yogyakarta untuk menujukkan talenta mereka di hadapan para wisatawan.

"Akan kami anjurkan performance seniman Yogya yang punya talenta luar biasa yang selama ini belum punya panggung," kata dia.

Kendati tanpa penyediaan panggung secara khusus, para seniman yang akan tampil di Malioboro tidak bisa sembarangan. Mereka akan dikurasi terlebih dahulu oleh tim yang melibatkan para praktisi seni di Yogyakarta.

"Bisa juga kita mewadahi adik-adik Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR), Institut Seni Indonesia (ISI) dan saya punya ide itu bisa dijadikan (tempat) ujian mereka, tidak (ujian) di kampus tapi di Malioboro," kata dia.

Oleh sebab itu, Singgih meyakini rencana pembebasan Malioboro dari kendaraan bermotor sebagai konsekuensi konsep semipedestrian tidak akan menurunkan minat wisatawan berkunjung ke kawasan itu.

Didukung dengan penampilan para seniman, konsep Malioboro khusus bagi pejalan kaki, andong, becak, dan Transjogja, menurut dia, justru akan semakin meningkatkan daya tarik wisata serta menambah lama tinggal (length of stay/LOS) wisatawan domestik maupun mancanegara di Yogyakarta.

"Kalau ada sebagian mempunyai prediksi nanti pedagang kaki lima sepi, nanti enggak ada yang datang ke toko-toko. Tidak, saya kira magnet Malioboro sangat luar biasa," kata Singgih.

Baca juga: Uji coba semi pedestrian Malioboro untuk kumpulkan masukan
Baca juga: DIY siapkan rambu pemandu jelang uji coba Malioboro semipedestrian

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019