Rekomendasi wisata ramah muslim di Negeri Kangguru (1)

id australia,wisata australia,travel,pariwisata australia, jalan-jalan australia, jelajah australia

Elizabeth Quay Bridge, Perth, WA. Elizabeth Quay, Perth (HO/Ist)

Jakarta (ANTARA) - Meski Australia bukan negara mayoritas muslim, ada berbagai pilihan tempat yang menarik untuk wisatawan muslim yang mengutamakan ketersediaan makanan halal dalam menentukan tujuan liburan.

Sebagai salah satu masyarakat multikultur di dunia, Australia merupakan rumah bagi orang-orang dengan etnis, agama dan latar belakang berbeda, untuk disinggahi bersama keluarga.

Berikut ini adalah rekomendasi destinasi-destinasi pilihan ramah Muslim di Australia Barat dan Victoria dari badan resmi Tourism Australia.

Bersatu dengan alam di Australia Barat

Seluruh keseruan di Australia Barat dimulai dari Perth, ibukota negara bagian Australia Barat.

Di Perth, Elizabeth Quay adalah tempat yang harus Anda kunjungi di mana ini merupakan pusat dari beragam aktivitas dan acara.

Nikmatilah air mancur di sana, membunyikan bel di bell tower dan berjalan menyusuri Swan River yang besar.

Anda juga bisa belajar mengenai suku Aborigin dengan mengambil tur yang disediakan oleh Go Culture dan melihat bagaimana masyarakat Nyungar membangun permukiman dan peradaban di sekitar sungai.

Fremantle adalah area penting lain di Perth. Bawa keluarga untuk berbelanja di Pasar Fremantle, sebuah pasar yang berusia lebih dari 100 tahun yang menjual barang-barang vintage termasuk kerajinan asli suku Aborigin.

Anda juga bisa mengunjungi Penjara Fremantle yang menjadi pusat hukuman dan penyiksaan para kriminal abad ke-19. Tak jauh dari sini, area Fishing Boat menawarkan pilihan sefoood yang beragam.

Selain seafood, Perth memberikan pilihan restoran halal unutuk seluruh keluarga. Dua restoran yang bisa jadi pilihan adalah Chee Tayeb yang menyajikan masakan khas Lebanon dan Tamarind Café yang menyajikan masakan Indonesia-Jawa.

Keluar dari Perth, anda akan lebih menyaksikan keindahan alam Australia Barat. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan road trip dan mengambil jalur Indian Ocean Drive.

Pasir putih yang membentang antara Perth dan Ningaloo begitu menawan. Indian Ocean Drive adalah jalur yang menyusuri tepi pantai, namun ada begitu banyak tempat indah selain pantai di sepanjang jalur 1250 km ini.

Anda bisa mampir ke Pinnacles di Taman Nasional Nambung untuk menikmati formasi batu kapur yang unik, melewati hamparan bunga-bunga liar yang Indah di pinggir jalan dan menikmati perbukitan batu di Kalbarri.

Atau, Anda bisa memberi makan lumba-lumba di Monkey Mia dan snorkeling di Ningaloo. Jangan lewatkan pula pengalaman tak terlupakan berenang bersama hiu paus ketika mereka melintas di Ningaloo pada April-Juli.

Pastikan juga Anda menyantap lobster segar langsung di tepi pantai seperti di Lobster Shack di Cervantes. Kota pantai Geraldton juga akan memberikan akses menuju Hutt Lagoon, di mana Anda bisa menikmati “Pink Lake” dari atas.
Pink Lake, Australia (HO/Ist)


Jelajahi Victoria

Melbourne sebagai ibukota Victoria adalah magnet bagi pelancong dari seluruh dunia, sebuah kota di mana arsitektur kolonial, seni kontemporer dan pengalaman berbelanja bersatu.

Pusat kota Melbourne dihias oleh gang-gang kecil dengan cobble stone dan menjadi pusat coffee shop, café, dan butik-butik unik.

Mulailah perjalanan dari Flinders Street Station hingga ke Degraves Street, dan telusuri street art di setiap sudut jalan – termasuk karya dari seniman Inggris Banksy.

Berjalanlah menuju Collins Street untuk nongkrong di kedai kopi ternama, Brother Baba Budan atau Patricia yang terdapat di Bourke Street.

Anda bisa juga bergabung pada tur street art untuk melihat keindahan tersembunyi yang ada di Melbourne – ini adalah satu-satunya tur di Melbourne yang akan dipandu oleh para seniman jalanan. Anda juga bisa mengunjungi workshop mereka dan menciptakan karya seni sendiri.

Islamic Museum Australia menjadi salah satu tempat yang menarik dikunjungi di mana pengunjung bisa belajar mengenai keragaman budaya serta mengetahui seni budaya Islam dan warga Muslim di Australia dan dunia. Terdapat banyak restoran halal di sekitar museum.
 
 
 


Tidak akan sulit menemukan restoran halal di Melbourne. Anda bisa mencoba Restoran Gazi yang dimiliki oleh George Calombaris, salah satu chef terbaik di Australia untuk menikmati hidangan Yunani. Atau, Anda bisa mampir di Tiba’s yang menyuguhkan masakan khas Lebanon.

Phillip Island merupakan destinasi menyenangkan bagi keluarga di mana anak bisa bermain ilusi optic, puzzles dan labirin di A Maze’N Things, belajar mengenai coklat di Phillip Island Chocolate Factory, dan bermain secara virtual interaktif di Nobbies Centre.

Setelah lelah bermain seharian, nikmati matahari terbenam yang cantik sambil melihat barisan penguin yang berjalan kembali ke lautan.

Tak hanya itu, Anda bisa berkendara sepanjang 400 km menyusuri Great Ocean Road, salah satu jalur roadtrip dengan pemandangan cantik.

Jangan lupa untuk mampir ke desa nelayan yang unik di Port Fairy atau nikmati romansa di Lorne. Coba juga tur dengan helikopter untuk melihat 12 Apostles, Shipwreck Coast dan Taman Nasional Port Campbell dari udara.

Pencinta binatang dapat berinteraksi dengan hewan-hewan di sini. Anda dapat melihat paus di Logan Beach, melihat anjing laut di Cape Bridgewater atau berenang bersama lumba-lumba di Queenscliff serta bermain dengan koala di Great Otway National Park.

Baca juga: Empat tempat menikmati musim gugur di Australia

Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar