Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman mengaku puas melihat kondisi fisik pemain usai menjalani libur Lebaran sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Secara umum kondisi fisik pemain tidak ada yang drop," ujarnya kepada wartawan usai memimpin latihan perdana di lapangan sepak bola Mapolda Jatim di Surabaya, Senin.

Seluruh pemain Persebaya diliburkan oleh tim sekitar 10 hari atau sejak pertandingan terakhir di Liga 1 melawan PSIS Semarang pada 30 Mei 2019.

Di latihan perdana, kata dia, seluruh pemain sudah bergabung dan tak ada yang absen tanpa izin, kecuali pemain cedera seperti Otavio Dutra serta beberapa pemain yang dipanggil Timnas U-23 maupun senior.

Menurut Djanur, sapaan akrabnya, terjaganya kondisi fisik para pemain terlihat saat latihan yang diawali dengan aerobik dan bisa diikuti dengan baik.

"Mereka tidak terlalu susah mengikuti dan saya jamin di atas 60 persen dalam kondisi baik. Ini bagus dan akan meningkat setiap latihan," ucap pelatih asal Majalengka tersebut.

Sementara itu, Amido Balde yang mengalami cedera sudah mulai berlatih meski harus terpisah dengan rekan-rekannya, sedangkan kiper Miswar Saputra yang sempat menerima jahitan di pelipis matanya sudah membaik dan berlatih penuh.

"Balde optimistis sembuh dalam waktu dekat dan semoga penanganan medis ditambah latihan bisa memulihkan kondisi. Miswar juga sudah siap tampil, tapi Dutra masih harus menjalani perawatan khusus," katanya.

Khusus pemain yang dipanggil timnas, lanjut dia, seluruhnya sudah bergabung pada 16 Juni 2019 sehingga diharapkan bisa bermain melawan Madura United di laga delapan besar Piala Indonesia pada 19 Juni 2019 serta Liga 1 pada 23 Juni melawan tuan rumah Borneo FC.

Ini artinya, hanya dalam jangka waktu sembilan hari Misbakus Solikin dan kawan-kawan harus melakoni tiga kali pertandingan.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh PSSI, Persebaya menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya di leg pertama, kemudian bergantian tandang ke Madura pada 27 Juni 2019.

Namun, di sela dua pertandingan Piala Indonesia tersebut, "Bajul Ijo" akan ke markas Borneo FC dan menjalani laga lanjutan Liga 1 musim kompetisi 2019, pada 23 Juni.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019