Penumpang pesawat turun, Menteri BUMN: Kita terus review Garuda

id menteri bumn,rini soemarno,maskapai garuda,penumpang pesawat lebaran

Menteri BUMN Rini Soemarno saat memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Sinergi 8 Kementerian BUMN, Jakarta pada Senin (10/6/2019). (ANTARA/Aji Cakti)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akan terus mereview maskapai Garuda Indonesia terkait penurunan jumlah penumpang pesawat yang terjadi selama Lebaran 2019.

"Garuda ini akan terus kita review, insyaAllah kalau ke depan kita makin bisa lebih baik harusnya kita akan mencoba memberikan harga yang lebih baik," ujar Menteri Rini kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Rini menjelaskan bahwa pihaknya juga akan memikirkan mengenai bagaimana bisa memberikan harga tiket yang lebih murah ke daerah-daerah tertentu.

"Jadi memang ada daerah-daerah yang harus kita pikirkan bagaimana kita bisa memberikan harga tiket yang lebih murah," katanya usai menghadiri halal bi halal Kementerian BUMN.
 

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan jumlah penumpang seluruh moda transportasi saat Lebaran 2019 tercatat naik, kecuali penumpang pesawat yang turun hingga 15 persen.

Budi mengatakan salah satu penyebab jumlah penumpang pesawat berkurang, yakni armada yang tersedia terbatas. Ia juga mendengar banyak penumpang yang tidak mendapatkan tiket pesawat karena pengurangan pengoperasian pesawat, padahal menurut dia masih ada pertumbuhan penumpang jika armadanya ditambah.

Hal itu dilihat dari menurunnya pengajuan penerbangan tambahan pada Lebaran 2019. Selain itu, lanjut dia, penurunan penumpang ini juga dipicu karena tiket mahal.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan Soal harga tiket pesawat seharusnya sudah turun karena maskapai sudah diinstruksikan untuk menurunkan harga tiket 12-16 persen berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 20/2019.

Polana menilai penurunan penumpang pesawat dipicu beralihnya penumpang ke moda darat, yakni angkutan pribadi terutama setelah adanya Tol Trans Jawa sebab salah satu penurunan yang signifikan, yakni di Bandara Solo.

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar