Karangasem (ANTARA) - Sebanyak 3.240 penumpang dari Lembar, Lombok Barat  tiba di Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali, hingga H+3 Lebaran atau 9 Juni 2019, yang diprediksi meningkat antara 30 - 40 persen.

"Itu karena anak sekolah masih liburan, kecuali PNS wajib masuk kerja, 10 Juni, jadi mau tidak mau harus balik paling lambat 9 Juni," Kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV, Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, di Padangbai, Senin.

Menurut dia, pendataan dilakukan bekerja sama dengan instansi terkait, dan juga meminta pendampingan dari para pemangku kepentingan  yang berada di Pelabuhan Padangbai. Selain itu juga, kecenderungan kedatangan penumpang dari Lembar meningkat pada malam hari.

Jumlah kapal yang beroperasi pada H+3 Lebaran sebanyak 33 Kapal, dengan 20 trip, sedangkan untuk jumlah kendaraan yang tiba di Pelabuhan Padangbai sebanyak 524 roda empat dan 1.376 untuk roda dua.

Selain itu, jumlah penumpang yang berangkat dari Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kedatangan, yaitu sejumlah 2.719 orang. Untuk jumlah kendaraan yang berangkat sebanyak 548 untuk kendaraan roda empat dan 640 untuk kendaraan roda dua.

"Penumpang yang datang juga diperiksa oleh pihak Kepolisian yang bertugas, seperti identitas dan lainnya, tapi sejauh ini arus baliknya aman dan lancar," kata Eka Suyasmin.

Ia mengatakan penumpang yang menyeberang, tidak hanya berasal dari penduduk lokal, melainkan didominasi juga oleh wisatawan asing khusus tujuan Padangbai - Gili Trawangan.

Ia juga menambahkan perjalanan dari wisatawan asing ini biasanya memanfaatkan waktu liburan. Adapun jumlah penumpang, baik domestik maupun warga asing ini sebanyak 1.550 orang, dengan jumlah kapal yang beroperasi sejumlah 11 armada.

"Untuk selanjutnya kan masih dalam tahap pengawasan arus balik seperti apa, apalagi masih suasana liburan dan lebaran ketupat, diperkirakan meningkat ya," katanya.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019