Solo (ANTARA) - Arus balik Lebaran yang naik dan turun di Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta pada H+2 yang merupakan puncak arus balik, Sabtu(8/6)  mencapai 52.397 orang penumpang.

"Total jumlah penumpang yang naik maupun turun di Tirtonadi tercatat 2.264 bus," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta, Joko Sutriyanto di Solo, Minggu.

Dikatakan, pada hari kemaren itu bukan hanya arus balik pemudik yang balik ke perantauan yang menggunakan bus reguler tetapi juga pemudik yang ikut program mudik gratis.

"Selain itu, juga ada program mudik motor gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan. Untuk total motor yang diangkut 400 kendaraan 16 truk," katanya.

Ia mengatakan untuk pemilik motor tersebut diangkut dengan menggunakan bus. Total penumpang mudik gratis ini 4.260 orang.

Arus balik melalui Terminal Tirtonadi sudah terasa sejak Kamis (6/6) malam. Berdasarkan data dari Terminal Tirtonadi, untuk jumlah penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui Terminal Tirtonadi pada Kamis (6/6) tercatat 50.784 orang dengan 2.233 bus.

Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan hari pertama Lebaran dengan jumlah penumpang 33.053 orang dengan 2.291 bus.

Sedangkan pada Jumat (7/6) jumlah penumpang baik yang datang maupun berangkat melalui Terminal Tirtonadi 49.121 orang.

Joko mengatakan untuk jumlah penumpang pada arus balik secara keseluruhan terjadi peningkatan berkisar 40-50 persen  persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

"Kenaikan ini karena banyak pemudik yang lebih memilih transportasi darat seiring dengan mahalnya tiket pesawat. Selain itu kalau mau naik kereta api kan jumlah gerbong juga terbatas," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019