... kami ingin memberikan Lebaran yang berkesan bagi warga kita di perantauan...
Jakarta (ANTARA) - Masyarakat Indonesia di New York merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah yang di sana jatuh pada Selasa (4/6) dengan sajian khas opor ayam. Perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini diselenggarakan di Wisma Indonesia di New Rochelle, New York, dan sekitar 1.500 hadirin datang. New York dan sekitarnya termasuk wilayah di mana banyak WNI bermukim. 

“Senang sekali tahun ini bisa berlebaran bareng para duta besar, bersilaturahim dengan masyarakat Indonesia dengan suasana santai dan penuh kekeluargaan di Wisma Indonesia di New Rochelle. Serasa di rumah sendiri, apalagi sambil menikmati opor ayam yang mengobati kangen kampung halaman,” kata Rusdan, lulusan Hulth International Business School, dalam siaran pers Perwakilan Tetap Indonesia di New York, Rabu.

Sementara Zaenal Mulyani, warga Indonesia yang sedang mengunjungi putrinya yang bekerja di New York, sangat terkesan dengan pengalaman pertamanya merayakan Lebaran di luar negeri.

“Masya Allah kalau boleh tiap tahun berlebaran di sini. Ini kali pertama saya berlebaran di luar negeri. Tidak menyangka komunitas Islam di Amerika ternyata besar juga,” kata dia.

Wakil Tetap Indonesia untuk PBB di New York, Dian Triansyah Djani, mengungkapkan kebahagiaan dan suatu kehormatan yang luar biasa bahwa Perwakilan Tetap Indonesia di New York bersama Konsulat Jenderal Indonesia di New York dapat merayakan Idul Fitri bersama masyarakat dan perantauan Indonesia di wilayah New York City dan sekitarnya.

“Persiapan sudah dilakukan sejak dua bulan lalu karena kami ingin memberikan Lebaran yang berkesan bagi warga kita di perantauan,” ujar Djani.

Selain opor ayam, menu khas Lebaran yang disajikan termasuk lontong cap gomeh, gulai kambing, bakso, telor pindang, sambal goreng ati, dan sate ayam.

Keistimewaan Idul Fitri di sana juga dimeriahkan dengan kudapan khas Indonesia, yaitu lumpia, risoles, kue lapis surabaya, termasuk es teler, puding, dan es kopi yang menyegarkan di kala musim panas di New York.

Deputi Wakil Tetap Indonesia di New York, Mohammad Koba, menyampaikan harapan agar di tahun-tahun mendatang Perwakilan Tetap Indonesia di New York dan Konsulat Jenderal Indonesia di New York dapat terus bekerjasama merayakan lebaran bersama masyarakat dan diaspora Indonesia di New York dan sekitarnya. 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019