DLHKK Banda Aceh kerahkan tim patroli sampah saat Lebaran

id Aceh,sampah,Dinas Kebersihan,Banda Aceh

Petugas memperlihatkan barang bukti operasi tangkap tangan buang sampah sembarangan di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Kamis (28/3). Foto Humas Setdako Banda Aceh.

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh mengerahkan tim patroli menyisir dan mengutip sampah saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah bertepatan Rabu(5/6).

Kepala DLHKK Kota Banda Aceh, Jalaluddin di Banda Aceh, Selasa mengatakan tim patroli beranggotakan 20 petugas kebersihan.

"Mereka akan berkeliling pusat kota, terutama di titik keramaian, mengutip sampah agar Kota Banda Aceh tetap bersih selama perayaan Lebaran nanti," ucap Jalaluddin.

Jalaluddin Pada hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh melibatkan sebagian petugas kebersihan. Petugas kembali aktif bekerja pada hari raya ketiga atau 7 Juni mendatang.

Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak menumpukkan sampah di trotoar jalan. Tapi, disimpan terlebih dahulu di rumah masing-masing sampai petugas kembali aktif mengutip sampah.

"Jika sampahnya tidak bisa disimpan, tolong dibuang ke kontainer sampah yang tersedia. Mohon jangan ditumpuk di trotoar jalan karena selain mengeluarkan bau tidak sedap, juga menjadi pemandangan tidak enak," kata Jalaluddin.

Sebab, kata Jalaluddin, tim patroli tidak menyisir ke pemukiman penduduk. Tim hanya berkeliling di pusat kota, dan mendatangi tempat-tempat ramai dikunjungi, seperti Masjid Raya Baiturrahman, dan lainnya.

Selain itu, pada saat shalat Idul Fitri, terutama yang di lapangan dan membawa kertas koran, jangan dibiarkan setelah digunakan sebagai alas. Akan tetapi diambil serta ditempatkan di tempat sampah.

"Kami memohon dukungan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Tidak membuang sampah sembarangan saat lebaran. Budayakan membuang sampah pada tempatnya," kata Jalaluddin.

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar