Sampit (ANTARA) - Petugas gabungan pengamanan arus mudik Lebaran 2019 di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengapresiasi atas berjalan lancarnya arus mudik di wilayah tersebut.

Kapolres Kotawaringin Timur, AKBP Mohammad Rommel di Sampit, Sabtu menyebut lancarnya arus mudik sebagai bagian dari hasil koordinasi yang sangat baik antar semua pihak terkait.

"Pengamanan arus mudik ini melibatkan banyak pihak. Kami berterima kasih dan sangat bersyukur karena hingga saat ini semua berjalan lancar karena kebersamaan dan koordinasi yang baik," ucapnya.

Rommel bersama Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Inf Sumarlin Marzuki meninjau pos pengamanan lebaran di dua titik yaitu di Jalan Jenderal Sudirman dan kawasan Pelabuhan Sampit. Mereka berbincang dengan personel lintas instansi yang bertugas di pos-pos tersebut.

Selanjutnya Rommel dan Sumarlin memantau arus mudik di Pelabuhan Sampit. Mereka didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sampit Thomas Chandra, Kepala PT Pelni Cabang Sampit Agus Suprijatno dan pejabat lainnya.

Saat itu KM Kelimutu sedang menaikkan penumpang untuk keberangkatan menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Rommel dan Sumarlin meninjau kondisi di dalam kapal milik PT Pelni itu.

Mereka berbincang dengan sejumlah penumpang terkait tanggapan penyelenggaraan arus mudik. Mereka juga berbincang dengan nakhoda tentang kondisi kapal dan perkiraan cuaca di laut.

Peninjauan ini dalam rangka pengawasan dan untuk memastikan semua persyaratan sudah dipenuhi seperti perlengkapan keselamatan dan lainnya sesuai aturan yang berlaku.

"Kami melihat kesiapan pihak perusahaan dari pihak (pelayaran) sendiri sudah siap melayani penumpang dan penumpang juga kami lihat tertib di atas kapal. Semuanya berjalan dengan lancar," jelas Rommel.

Rommel mengimbau masyarakat yang ingin mudik untuk mematuhi peraturan yang berlaku di atas kapal sehingga keselamatan dirinya dan orang lain bisa terjaga. Penumpang diminta tidak membawa barang-barang terlarang dan berbahaya.

Penyelenggaraan arus mudik lebaran diharapkan di Kotawaringin Timur berjalan aman, lancar dan tertib. Pemeriksaan penumpang akan dilakukan dengan ketat untuk memastikan tidak ada barang terlarang dan berbahaya yang dibawa penumpang.

Pewarta: Kasriadi/Norjani
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019