Atdikbud-Kunming jajaki kerja sama pelatihan kereta cepat

id kereta cepat, kerja sama kereta cepat,china ,kerja sama china,kerja sama indonesia

Atdikbud Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, Yaya Sutarya. (Istimewa)

Beijing (ANTARA) - Satuan Kerja Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Indonesia di Beijing melakukan penjajakan kerja sama pelatihan di bidang perkeretaapian cepat dengan Kunming University of Science and Technology (KUST), China.

"Kebetulan saat mengunjungi kampus itu kami bertemu Wali Kota Kunming Mr Wang sehingga kami bisa menyampaikan permohonan kerja sama kereta cepat," kata Atdikbud Kedutaan Besar Indonesia di Beijing, Yaya Sutarya, kepada ANTARA, di Beijing, Jumat.

Dalam kunjungan tersebut, dia mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan paparan bersama beberapa perwakilan dari Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Ia juga tidak menyiakan kesempatan tersebut untuk menawarkan program lain, seperti kerja sama antarperguruan tinggi di Indonesia dan Kunming dan pertukaran tenaga pendidik.

"Kami juga menawarkan pendirian Indonesia Corner di beberapa perguruan tinggi di Kunming," ujarnya.

Pihak Kunming juga menawarkan program "summer camp" dan "winter camp" kepada para pelajar di Indonesia.

Lokasi Kunming sebagai ibu kota Provinsi Yunnan di wilayah baratdaya China relatif strategis karena berbatasan langsung dengan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara, seperti Vietnam, Laos, Thailand, dan Myanmar.

Kota Kunming juga didorong melakukan kerja sama program kota kembar dengan beberapa kota di Indonesia. 

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar