Jangan lupa, mudik asyik tanpa kantong plastik
Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Banten menyiapkan 700 petugas kebersihan selama libur Lebaran 2019 untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam bidang kebersihan.

"Jumlahnya cukup banyak untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Engkos Zarkasyih di Tangerang Kamis.

Dikatakannya, musim Lebaran tak lepas dari sebuah perayaan, yang juga kerap menyisakan jejaknya. Apalagi limbah rumah tangga yang berupa sayur-mayur, buah-buahan, plastik serta pembungkus makanan lainnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah sampah selama Lebaran 2019.

Selain kesiagaan petugas, lanjut Kadis LH, Pemkot juga menyiapkan layanan pengaduan bagi warga apabila menemui sampah yang tidak diangkut oleh petugas.

"Pengaduannya bisa lewat SMS, telepon dan via medsos," katanya seraya menjelaskan, pihaknya juga siapkan lebih dari satu nomor pengaduan. Supaya bisa lebih cepat responsnya.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang, baik yang akan melakukan mudik maupun tidak, guna meminimalisir penggunaan kantong plastik kemasan sekali pakai.

"Jangan lupa, mudik asyik tanpa kantong plastik," katanya. .

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin melaporkan pengaduan dapat menghubungi sejumlah nomor yang telah disediakan DLH Kota Tangerang. Yaitu 08111631631, 085694791936, 081310050745, 089519832676 atau dapat melalui akun instagram @dlhkotatangerang.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019