Karena zakat yang terkumpul di Baznas tentunya akan kami distirubsikan sesuai dengan asnaf (golongan penerima zakat)
Pontianak (ANTARA) - Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Singkawang, Kalimantan Barat, mengimbau kepada seluruh masyarakat Muslim untuk dapat menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya ke lembaga itu.

"Karena zakat yang terkumpul di Baznas tentunya akan kami distirubsikan sesuai dengan asnaf (golongan penerima zakat)," kata Ketua Baznas Singkawang, Mahmudi, di Singkawang, Sabtu.

Masyarakat Muslim juga bisa menyampaikan atau menyalurkan zakatnya ke uni pengumpul zakat (UPZ), baik masjid maupun mushala yang sudah mendapat surat keputusan (SK) oleh Kementerian Agama.

"Kepada masyarakat Muslim yang sudah menyalurkan zakatnya di Baznas, kami juga mengucapkan terima kasih semoga zakat yang diberikan dapat diganjar yang berlipat ganda oleh Allah SWT," ujarnya.

Mahmudi mengemukakan bahwa untuk tahun 2019 ini pengumpulan zakat di Baznas ditargetkan bisa mencapai Rp1,7 miliar. "Tahun 2018 kemarin, zakat yang terkumpul di Baznas ada sekitar Rp1.571.800,000," katanya.

Insya Allah, kata dia, target pengumpulan zakat di tahun ini bisa tercapai, melalui imbauan-imbauan yang selalu dilakukan pihaknya, baik melalui ceramah/tausiyah, sosialisasi di kalangan dinas/instansi dan masjid-masjid khususnya di bulan suci Ramadhan sekarang ini.

"Kita sampaikan melalui petugas-petugas yang sudah ditunjuk," katanya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Singkawang, Muchlis A.R. mengimbau umat Islam untuk mengeluarkan zakat melalui Baznas.

"Karena Baznas ini satu-satunya yang ada di Singkawang dan merupakan pengumpulan zakat yang resmi dan legal yang dibentuk oleh pemerintah," katanya.

Berdasarkan penilaian dari tim akreditasi, Baznas Singkawang sudah mendapatkan akreditasi A, sedangkan penyalurannya sudah sesuai dengan syariah Islam.

"Untuk itu, saya mohon kepada umat Islam yang mampu jangan ragu lagi untuk mengeluarkan zakat melalui Baznas Singkawang," ujarnya.

Baca juga: Kemenag Kalbar imbau Baznas salurkan zakat H-3

Baca juga: Ramadhan Fair di Singkawang diminta untuk terus dievaluasi

Baca juga: Singkawang meriahkan Ramadhan dengan ribuan tanglong dan ketupat

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019