Pamekasan (ANTARA) - Pemkab Pamekasan, Jawa Timur menggelar Safari Ramadhan ke seluruh kecamatan yang ada di wilayah itu dan memanfaatkan kegiatan tersebut guna mensosialisasikan program unggulan pemkab tahun ini.

Menurut Bupati Pamekasan Baddrut Tamam ada beberapa program unggulan yang dicanangkan Pemkab Pamekasan. Antara lain pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat atau ekonomi.

"Khusus di bidang ekonomi ini, kami meminta para aparat desa hendaknya melakukan pendataan dan menetapkan program prioritas ekonomi yang hendak ditetapkan di masing-masing desa," kata Baddrut saat menyampaikan sambutan dalam acara safari Ramadhan di Kecamatan Waru, Pamekasan, Selasa.

Bupati menjelaskan, prioritas program di masing-masing desa itu penting dilakukan, agar sasaran bantuan pemerintah bisa tepat guna dan bernilai guna.

Desa yang memiliki potensi pertanian, hendaknya menetapkan program pengembangan ekonomi masyarakatnya di bidang pertanian.

Demikian juga, sambung dia, dengan desa yang memiliki potensi ekonomi di bidang perikanan dan kelautan, hendaknya menetapkan programnya pada pengembangan ekonomi perikanan dan pengelolaan sumber daya laut.

"Jika masing-masing desa telah memiliki program unggulan, kami yakin, program perioritas yang dicanangkan pemerintah akan lebih baik," katanya, menjelaskan.

Dalam kesempatan itu bupati juga menjelaskan, selama lima tahun ke depan, pihaknya menargetkan bisa mencetak sedikitnya 10 ribu pengusaha muda baru di Kabupaten Pamekasan dan para pengusaha itu bisa berasal dari para pemuda desa yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

"Mengapa pemuda desa? Karena kami menginginkan desa menjadi sumber kekuatan ekonomi di Pamekasan ini," ujar bupati.

Safari Ramadhan di Kecamatan Waru, Pamekasan kali ini merupakan hari kedua.

Sebelumnya bupati bersama jajaran Forpimda Pemkab Pamekasan juga telah menggelar safari Ramadhan di Kecamatan Batumarmar dan Kecamatan Pasean.

Baca juga: Safari Ramadhan sebagai ajang jaring aspirasi warga

Baca juga: Safari Ramadhan, ajang Forkopimda-warga bersilaturahim

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019