Penuhi kebutuhan darah selama Ramadhan, PMI Palu keliling masjid

id Donor Darah ,PMI Palu ,Sulawes Tengah ,Ramadhan,ramadhan 1440 H,sambut ramadhan,tradisi ramadhan,bulan puasa,puasa ramadhan

Jemaah Masjid Al-Mustaqim Jalan Anoa, Kelurahan Tatura, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Sulteng saat mendonorkan darahnya melalui UTD PMI Kota Palu. (Foto: Humas PMI).

Palu, Sulteng (ANTARA) - Untuk memenuhi ketersediaan darah selama Ramadhan, Palang merah indonesia (PMI) Palu menggelar Safari Ramadhan dengan mengadakan donor darah keliling sejumlah masjid yang berada di Kota Palu, Sulawesi Tengah 

"Ini merupakan kegiatan tahun ketiga, kita adakan Safari Ramadhan untuk memenuhi ketersediaan stok darah selama bulan suci yang biasanya mengalami penurunan," kata Staf Unit Transfusu Darah (UTD) PMI Kota Palu Ani Ladaching, Minggu.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan program rutin UTD PMI setiap Ramadhan tiba yang dimulai sejak 2016 dan kali ini bertempat di Masjid Al-Mustaqim Jalan Anoa, Kelurahan Tatura, Kecamatan Palu Selatan.

Untuk menarik minat jamaah masjid berdonor, tim UTD dalam kegiatan tersebut juga memberikan doorprize untuk 500 orang pertama yaitu berupa sarung dan mukena bagi yang ingin menyumbangkan darahnya.

"Kegiatan tersebut merupakan upaya dalam menjaga ketersediaan darah di UTD karena mengingat kebutuhan darah yang kian meningkat pada bulan suci umat Islam ini," tambaynya.

Pada kesempatan tersebut berhasil dikumpulkan 12 kantong darah dari 12 pendonor, namun tujuh warga yang tidak bisa mendonorkan darahnya dikarenakan rendahnya Hemoglobin (HB) serta tensinya tinggi.

Salah seorang pendonor Almudasir (25) warga Tatura mengatakan ini adalah kali pertama ia mendonorkan darah karena sebelumnya kekurangan HB. Menurut dia, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena bisa membantu sesama.

"Di Ramadhan harus banyak beribadah salah satunya melalui donor darah serta berterima kasih kepada PMI karena telah mengadakan donor darah karena saya akhirnya bisa merasakan sensasi darah saya disedot untuk diberikan ke orang yang membutuhkan," katanya.*

Baca juga: PMI Banjarnegara buka layanan donor darah malam hari selama Ramadhan

Baca juga: PMI Karawang datangi masjid akomodasi pendonor darah


 

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar