Raja Ampat dorong dua Kampung wisata meraih penghargaan

id Wisata

Pemandangan destinasi Karwapop Misool Raja Ampat (Foto Antara Papua Barat/ Ernes)

Sorong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award"  atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip pariwisata berkelanjutan.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Jumat, mengatakan bahwa ada dua kampung wisata dari empat yang tahun ini didorong guna meraih penghargaan nasional tersebut.

Dia menambahkan, kedua kampung wisata tersebut adalah kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren yang pengelolaan destinasi menerapkan prinsip-prisip pariwisata berkelanjutan.

Ia menjelaskan, kawasan Piaynemo pengelolaan destinasi wisata oleh pemuda dan masyarakat berjalan baik. Sedangkan Kampung Sapokren kelompok tani hutan masyarakat setempat mengelola hutan kawasan konservasi dan memanfaatkan jasa lingkungan guna meningkatkan perekonomian.

Karena itu, tambah dia pemerintah daerah dan lembaga terkait sedang bekerja mempersiapkan kedua kampung wisata tersebut guna meraih penghargaan nasional sama seperti kampung wisata Arborek yang sudah dua tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award".

Menurut dia, tidak hanya Kampung Arborek, kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren saja, tetapi kelompok pengelola pos manta atau kawasan melihat ikan pari manta juga didorong meraih penghargaan nasional tahun ini.

"Kami targetkan tahun ini kawasan Piaynemo dan Kampung Sapokren bisa meraih penghargaan nasional agar menjadi motivasi bagi kampung-kampung wisata lainnya di Raja Ampat untuk terus berkembang maju," ujarnya.

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar