Tulungagung, Jatim (ANTARA) - Ratusan warga binaan beragama Islam, yang terdiri dari narapidana dan tahanan, di Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tulungagung, Jawa Timur, mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan yang digelar di masjid LP setempat selama bulan puasa.

Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Giatja) LP Klas IIB Tulungagung Dedi Nugroho, Jumat (10/5) mengatakan, ada tiga sesi kegiatan dalam pesantren Ramadhan yang diselenggarakan di tempat tersebut, yakni pengajian umum, tadarus Alquran serta shalat tarawih berjamaah.

"Kegiatan pesantren Ramadhan ini, khusus untuk pengajian umum, digelar bergilir antar blok tahanan, sebagai bentuk pembinaan spiritual warga binaan di sini," kata Dedi Nugroho.

Acara pengajian umum dimulai pukul 09.00 WIB hingga 10.00 WIB dengan mendatangkan penceramah (da'i) dari Kemenag, PCNU, IAIN dan STAI Diponegoro.

"Untuk imam taraweh dan penceramah yang mengisi pengajian kami mendatangkan dari luar," katanya.

Khusus untuk shalat tarawih, lanjut Dedi, semua warga binaan beragama Islam diwajibkan ikut rutin setiap hari selama bulan Ramadhan.

Sedangkan untuk pengajian dijadwalkan digelar pada Senin sampai Sabtu.

"Kalau hari biasa kan pengajian hanya digelar pada Senin, Selasa dan Rabu. Sekarang (di bulan Ramadhan) kami selenggarakan setiap hari Senin-Sabtu," paparnya.

Dalam pelaksanaannya, para warga binaan tidak hanya memanfaatkan momentum pengajian untuk mendengarkan tausiyah semata.

Namun juga memanfaatkan waktu yang ada untuk shalat Dhuha dan mengaji Alquran, secara mandiri maupun saat digelarnya kegiatan tadarusan Alquran yang pesertanya telah ditunjuk berdasar kemahiran mereka dalam membaca bacaan Alquran secara baik dan benar.

"Warga binaan yang tidak ditunjuk pun boleh bergabung ikut tadarusan dengan membaca Alquran secara bergilir. Sebab saat menunjuk kami juga tidak tahu apakah yang lain kemampuan baca Alqurannya sejauh mana," katanya. 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019