SCG prediksi 10 kursi dapil Jatim I didominasi petahana

id lembaga scg,didik prasetiyono,dapil jatim,pemilu 2019,caleg petahana

Direktur Lembaga riset politik SCG Didik Prasetiyono. (Foto Istimewa)

Surabaya (ANTARA) - Lembaga riset politik Surabaya Consulting Group (SCG) memprediksi alokasi 10 kursi DPR RI mewakili daerah pemilihan I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo masih didominasi oleh sejumlah calon petahana.

"Nama-nama petahana dengan kekuatan mengakar masih cukup kuat," ujar Direktur Lembaga riset politik SCG, Didik Prasetiyono, kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Berdasarkan konversi kursi dengan metode Sainte Lague, tiga kursi DPR RI diperkirakan menjadi milik PDI Perjuangan, dua kursi untuk PKB dan masing-masing satu kursi untuk Gerindra, Golkar, PAN, PKS, serta satu lagi masih terbuka diperebutkan Demokrat dan NasDem.

"Terhadap satu kursi yang diprediksi untuk Gerindra, PKB, dan PAN, masih ada ruang perebutan yang cukup seru mengingat di antara caleg yang bersaing selisih suaranya tipis," ucapnya.

Sedangkan, kata dia, kursi untuk Golkar dan PKS, ruang perebutan bisa dikatakan selesai karena tebalnya selisih suara antara caleg unggul dan kompetitor di bawahnya.

Mantan komisioner KPU Jatim itu merilis nama-nama yang diperkirakan menduduki kursi parlemen di "Senayan" dari dapil Jatim I, yakni kursi pertama diraih Puti Guntur Soekarno (PDIP), kursi kedua Syaikhul Islam (PKB), kursi ketiga diperebutkan Rahmat Muhajirin atau Bambang Haryo (Gerindra) dan kursi keempat diraih Adies Kadir (Golkar).

Kemudian, kursi kelima milik Bambang Dwi Hartono (PDIP), kursi keenam antara Sungkono dan Sunartoyo (PAN), kursi ketujuh Sigit Sosiantomo (PKS), kursi kedelapan terjadi persaingan antara Arzeti Bilbina dan Fandi Utomo (PKB), kursi kesembilan diraih Indah Kurnia (PDIP).

"Kursi kesepuluh akan diperebutkan antara Partai Demokrat dan Partai Nasdem menunggu rekapitulasi 100 persen KPU," katanya.

Sementara itu, untuk raihan suara partai, pada Pemilu 2019 di dapil Jatim I, PDIP masih menjadi partai meraih suara tertinggi dengan 24,92 persen, disusul PKB 16,6 persen, Gerindra 12,6 persen, Golkar 10,68 persen, PAN 6,26 persen, PKS 6,2 persen, Demokrat 4,52 persen, PSI 4,45 persen dan Nasdem 4,23 persen.

Di papan tengah ada PPP 3,65 persen, Perindo 2,99 persen dan berada pada papan bawah adalah Partai Berkarya 1,09 persen, PBB 0,65 persen, Partai Hanura 0,64 persen, partai Garuda 0,37 persen dan PKPI 0,15 Persen.

Didik menjelaskan, perolehan itu berdasarkan data real count TPS yang direkapituliasi oleh Tim SCG dari kelurahan/desa dan kecamatan di Surabaya maupun Sidoarjo yang telah mencapai 87 persen dengan input TPS pada 2 Mei 2019.

"Tim kami bergerak ke seluruh kelurahan/desa dan kecamatan di Surabaya dan Sidoarjo," tuturnya.

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar