Stok daging kerbau beku di Sumut sebenarnya masih aman atau ada 15,4 ton. Tetapi kami (Bulog) masih menunggu tambahan pasokan untuk memperkuat stok di Ramadhan
Medan (ANTARA) - Perum Bulog Sumut masih menunggu tambahan pasokan daging kerbau beku sebanyak 50 ton dari pusat untuk memperkuat stok menghadapi Puasa Ramadhan pada Mei 2019.

"Stok daging kerbau beku di Sumut sebenarnya masih aman atau ada 15,4 ton. Tetapi kami (Bulog) masih menunggu tambahan pasokan untuk memperkuat stok di Ramadhan," ujar Kepala Perum Bulog Sumut, Basirun di Medan, Senin.

Menurut dia, Bulog Sumut sudah meminta tambahan pasokan daging kerbau beku sebanyak 50 ton dari pusat.

Dengan ada pasokan 50 ton, katanya, maka kebutuhan daging yang diperkirakan meningkat menjelang dan saat Puasa Ramadhan serta Lebaran 2019 akan bisa dipenuhi.

Basirun menegaskan, ketersediaan daging kerbau beku yang banyak diharapkan mampu menstabilkan harga jual daging sapi segar.

Biasanya menjelang dan saat Ramadhan, harga daging sapi segar naik dampak permintaan yang banyak.

"Diharapkan dengan ketersediaan daging kerbau beku yang banyak dan dijual lebih murah di pasar yakni Rp80.000 per kg, harga daging sapi segar bisa stabil," katanya.

Basirun menyebutkan, minat beli daging kerbau beku di pasar Sumut semakin bagus karena masyarakat sudah semakin mengenal daging itu.

Dia menjelaskan, selain akan disebar ke pasar tradisional dan modern/plaza, daging kerbau beku itu juga disediakan di beberapa gerai termasuk Kantor Bulog.

Pantauan di pasar, harga daging hingga pekan ini masih normal sekitar Rp110.000 per kg.
 

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019