Kerja sama ini telah berjalan sekitar lebih dari empat tahun, yang tadinya adalah kelas kerja sama program D3 Teknik Elektro, mulai tahun ini kita kembangkan menjadi D4 atau Sarjana Terapan di bidang Teknologi Rekayasa Elektro...
Jakarta (ANTARA) - PLN menandatangani Perjanjian Kerja Sama Program Pendidikan D4 Ikatan Dinas PLN dengan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) di Sekolah Vokasi (SV) UGM, dalam rangka menjaring talenta muda terbaik di bidangnya.

Executive Vice President (EVP) Talent Development PLN Karyawan Aji (mewakili Direktur HCM PLN), dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat menyampaikan bahwa sebelumnya PLN juga menjalin kerja sama serupa dengan empat perguruan tinggi lainnya.

"Perjanjian ini diadakan dengan maksud untuk menyelenggarakan pendidikan Diploma Empat (D4) atau Sarjana Terapan Ikatan Dinas di bidang Teknik Elektro disesuaikan dengan kebutuhan bidang teknik di PLN dengan tujuan memperoleh lulusan D4/Sarjana Terapan yang siap bekerja dan memiliki kompetensi cukup untuk diterima sebagai Pegawai PLN," kata Aji.

Program ini akan dijalankan mulai tahun Akademik 2019/2020 sampai dengan Tahun Akademik 2021/2022 atau selama tiga tahun.

Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto, menjelaskan bahwa kerja sama dengan PLN ini sudah berjalan lebih dari empat tahun.

"Kerja sama ini telah berjalan sekitar lebih dari empat tahun, yang tadinya adalah kelas kerja sama program D3 Teknik Elektro, mulai tahun ini kita kembangkan menjadi D4 atau Sarjana Terapan di bidang Teknologi Rekayasa Elektro, khususnya untuk distribusi kelistrikan," ucap Wikan.

Wikan menambahkan, saat ini proses pengembangan D3 menjadi D4 atau Sarjana Terapan, telah memasuki tahap terakhir, yaitu persetujuan dari BAN PT.

Program D4 Ikatan Dinas PLN adalah program kerjasama pendidikan D4 yang dibuka secara khusus oleh perguruan tinggi untuk PLN, dimana mahasiswa D4 Ikatan Dinas yang telah lulus seluruh tahapan seleksi akan mulai kuliah dari semester awal.

Mahasiswa yang telah lulus akan diangkat sebagai pegawai PLN jika memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan dalam kontrak.

Sementara selama masa pendidikan, mahasiswa diberi kesempatan untuk melaksanakan praktikum dan magang di unit PLN.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019