Kodam XVII/Cenderawasih siagakan tiga helikopter untuk amankan pemilu

id kodam cenderawasih,pengamanan pemilu,pemilu 2019,papua,pemilu di papua

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Infantri Muhamad Aidi. (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Kodam XVII Cenderawasih saat ini menyiagakan tiga unit helikopter dan satu pesawat transport sedang militer untuk pengamanan Pemilu 2019 di Papua.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Infantri Muhamad Aidi, di Jayapura, Selasa mengatakan, semua sarana udara siap untuk dioperasionalkan dan disiagakan di Timika serta Jayapura.

Untuk helikopter yang ada saat ini adalah Mil Mi-17, Bell B-412, dan Bolcow-Blohm NBO-205. Sedangkan pesawat transport sedang itu adalah CN-235. "Selain menyiagakan pesawat serta helikopter, Kodam XVII/Cenderawasih juga sudah menyiagakan 7.500 personil yang berada di bawah kendali operasi (bko) Polda Papua," kata Aidi.

Ia katakan, saat ini keamanan relatif kondusif namun anggota tetap bersiaga. Apalagi Senin (15/4) sempat terjadi kontak senjata antara prajurit di Pos Mugi dengan mereka hingga menewaskan satu anggota kelompok sipil bersenjata.

“Prajurit TNI diminta selalu waspada karena mereka akan melakukan penyerangan saat anggota lengah,” kata Aidi.

Jumlah pemilih di Papua tercatat 3.542.544 dengan jumlah tps sebanyak15.250 TPS yang tersebar di 560 distrik di 29 kabupaten dan kota.

Pewarta : Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar