Sumut target 100 ribu wisatawan di Sail Nias 2019

id sail nias 2019,wisata sumut,Kementerian Pariwisata

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menkum HAM Yasonna Laoly saat meluncurkan Sail Nias 2019 di Jakarta. (Antara Sumut/Irwanto)

Medan (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara menargetkan 100 ribu kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional pada ajang wisata bahari Sail Nias yang digelar mulai Juli hingga September 2019 di Kepulauan Nias, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Hidayati di Medan, Senin, mengatakan, pihaknya melakukan sinergi dengan Kementerian Pariwisata untuk mendukung kegiatan Sail Nias Indonesia 2019 sehingga acara yang akan digelar di Kepulauan Nias ini bisa sukses mendatangkan pengunjung.

"Karena ini akan mempromosikan potensi budaya dan wisata yang ada di Sumatera Utara ke seluruh dunia. Untuk itu ayo mari dukung kita bersama," katanya usai melakukan telekonferensi dengan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly di kantor Kemenkumham Wilayah Sumut, Medan.

 Terkait persiapan pendanaan, Pemerintah provinsi Sumatera Utara dan semua Kabupaten serta kota di Sumut, ujarnya, berupaya menganggarkan dana yang sesuai dengan kemampuan masing-masing daerahnya untuk membantu beberapa event  yang akan digelar.

"Kami akan mengalokasikan dukungan dalam bentuk suvenir dan juga nanti adanya kegiatan 1.000 tenda  dan juga kegiatan untuk seminar kebudayaan yang ada di Gunungsitoli," katanya.

Sementara itu, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan pihaknya mengapresiasi  atas ditunjuknya Kepulauan Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019 yang puncaknya akan dilangsungkan pada 10 - 14 September itu.

Agar ajang nasional tersebut berjalan sukses, pihaknya mengajak semua masyarakat Nias dan masyarakat seluruh Sumut dan  Indonesia mendukung kegiatan tersebut.

"Mari kita doakan kegiatan Sail Nias sukses dan menjadi harapan kita ke depan bahwa ini adalah sebagai batu loncatan dalam upaya memajukan pariwisata kita di Indonesia khususnya di Sumatera Utara dan Nias," katanya.

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatera Utara, sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019.

Sail Indonesia merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah diselenggarakan sejak 2009.

Daerah terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia ini adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September 2018 yaitu Sail Moyo Tambora.

Baca juga: Sail Nias 2019 peluang promosikan destinasi wisata kelas dunia
Baca juga: Nias ditunjuk sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019

 

Pewarta : Juraidi dan Septianda
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar