Presiden Jokowi diminta relokasi perumahan BTN Gajah Mada

id pengungsi,banjir sentani jayapura papua,relokasi perumahan BTN Gajah Mada,imb palsu

Perumahan BTN Gajah Mada, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua yang ikut terdampak banjir bandang. (Dokumen Jack Wally)

Jayapura (ANTARA) - Presiden Joko Widodo diharapkan bisa mendorong relokasi perumahan BTN Gajah Mada, Kelurahan Dobonsolo, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura yang ikut terdampak banjir bandang.

"Kami sangat berharap dengan kedatangan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Jayapura bisa melihat persoalan bencana dan bisa bantu dorong relokasi perumahan kami di BTN Gajah Mada," kata Marcel Benhur Kellen di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu malam.

Menurut dia, persoalan banjir yang dialami olehnya bersama ratusan kepala keluarga lainnya di kompleks perumahan tersebut terjadi sejak empat tahun terakhir, namun hingga kini tidak ada jalan keluar yang memadai.

"Di sini ada sekitar 380-an rumah yang ikut terdampak banjir bandang. Kami semua mengungsi dan beberapa di antaranya ke posko-posko bencana terdekat," katanya.

Dengan kedatangan Presiden Jokowi dalam agenda negara ataupun kampanye, Marcel berpendapat bahwa Jokowi bisa sekaligus memberikan dorongan kepada pihak terkait untuk segera menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh warga BTN Gajah Mada.

"Kami berharap sekali, agar Presiden Jokowi bisa melihat dan meninjau perumahan bersubsidi ini dibangun di tempat yang tidak layak, IMB telah dipalsukan, developer telah lari, bank penjamin terkesan lepas tangan tapi kami ditagih bayar cicilan tiap bulan. Sekarang rumah kami tenggelam, karena banjri bandang," kata Marcel berkeluh kesah.

Audy Rempengan, tetangga Marcel yang berbeda gang berharap ada ganti rugi dari pihak pengembang dan pemutihan oleh bank penjamin terkait kredit rumah yang dinilai cacat hukum.

"Kami dibohongi dengan selebaran rumah yang bebas banjir, setelah kami tempati, ternyata banjir. Kami telusuri ternyata setengah dari perumahan ini IMB dipalsukan. Kami sudah menjadi korban dari konspirasi developer dan bank, bahkan oknum pemerintah karena IMB palsu," kata Audy yang mengaku rumahnya sudah terendam lumpur.

Sementara itu, Jack Wally mengaku kasus penipuan IMB dan menghilangnya  pengembangnya sedang ditangani oleh Polres Jayapura, namun hingga kini perkembangannya tidak ada, terkesan berjalan d itempat.

"Kami tidak ingin salahkan aparat pemerintah, tetapi kami meyakini program perumahan bersubsidi oleh pemerintahan Presiden Jokowi telah dibohongi oleh oknum pengusaha yang cari untung," katanya.

Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan berkunjung ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, pada Senin (1/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menyapa  anak-anak dan pengungsi banjir bandang di GOR Toware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

 
Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan tinjau pengungsi korban banjir Sentani
Baca juga: Menteri Yohana pulihkan trauma perempuan- anak korban banjir Sentani
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar