UNJ terima 6000 lebih mahasiswa baru tahun 2019

id UNJ

Kampus Universitas Negeri Jakarta. (Foto ANTARA/ Agus SI)

Jakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyediakan kuota sebanyak 6000 lebih bangku kuliah untuk mahasiswa Baru tahun 2019.

"Kuota 6000 mahasiswa baru itu terbagi atas 20 persen melalui jalur SNMPTN, 40 persen jalur SBMPTN, 30 persen jalur mandiri, dan 10 persen lagi jalur prestasi," kata Putri, Humas UNJ di Jakarta, Kamis.

Putri juga menjelaskan jalur prestasi merupakan jalur masuk UNJ yang tidak menggunakan tes tetapi menggunakan portofolio dan wawancara.

"Untuk jalur prestasi, tahun ini UNJ tidak lagi mengadakan tes tulis dan tes kemampuan, calon mahasiswa baru cukup mengumpulkan portofolio atau sertifikat-sertifikat yang pernah dia dapatkan, portofolio tersebut harus juara 1,2, dan 3, lebih baik lagi kalau penghargaan internasional," ujar Putri.

Universitas yang dijuluki kampus pergerakan ini juga memiliki peminat yang selalu meningkat tiap tahunnya, untuk tahun ini peminat UNJ yang mendaftar melalui jalur SNMPTN naik hingga 10 persen, diperkirakan untuk jalur masuk lainnya juga akan mengalami peningkatan.

UNJ sendiri memiliki 71 program studi yang terdiri dari program studi pendidikan dan murni yang tersebar di delapan fakultas ini sudah mulai menerima mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN.

"UNJ memiliki 71 program studi yang tersebar di delapan fakultas dan dan satu fakultas program pasca sarjana, biasanya satu prodi itu memiliki kuota 60 mahasiswa kecuali prodi pendidikan Bahasa Arab yang bisa mencapai lebih dari 100 mahasiswa," kata Sarah Alfiatunisa, duta UNJ yang diwawancarai di kantor humas UNJ, Kamis.

Sarah juga mengatakan, UNJ memiliki jalur masuk melalui jalur hafalan Al-Quran.

"Selain jalur masuk yang biasa UNJ juga membuka jalur masuk bagi para penghafal Al-Quran, dengan syarat pendaftar sudah hafal minimal 15 Juz dan pendaftar akan di tempatkan di prodi yang satu arah dengan itu semisal program studi ilmu agama islam atau Pendidikan Bahasa Arab," ujar Sarah.

UNJ juga menyediakan program beasiswa bagi mahasiswanya yang berprestasi, beasiswa dari Karya Salemba Empat (KSE), dan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) yang disediakan di setiap fakultas.

"Di UNJ itu banyak beasiswa ada beasiswa KSE, PPA, bidikmisi, dan beasiswa-beasiswa lain yang disediakan oleh perusahaan negara seperti Pertamina, beasiswa Bank DKI, dan masih banyak lainnya, juga dari swasta, asalkan mahasiswanya diterima dulu di UNJ dan mau mencari tentang beasiswa-beasiswa tersebut," ujar Sarah.*

Baca juga: Rektor : visa pelajar tingkatkan jumlah mahasiswa asing

 

Pewarta : Ganet Dirgantara dan Agus Saeful Iman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar