Jakarta (ANTARA) - Kota Administrasi Jakarta Selatan menyosialisasikan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (GISA) di Aula SMKN 57 Jakarta, Kelurahan Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan,.

Wali Kota Marullah Matali usai membuka acara itu di Jakarta, Kamis, mengatakan menyampaikan partisipasi dan kolaborasi masyarakat dengan instansi pemerintah yang bertugas dalam pengurusan administrasi ini sangatlah diperlukan agar proses pendataan kependudukan dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat.

"Masyarakat dalam hal ini harus berpartisipasi aktif membantu jalannya proses pencatatan administrasi kependudukan," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis.

Marullah menuturkan, arahan dari pihak terkait dalam mengurus administrasi kependudukan, tentu diperlukan bagi sebagian masyarakat yang mungkin belum memahami.

"Ada beberapa kelompok masyarakat tertentu yang masih perlu mendapatkan arahan terhadap administrasi kependudukan di Jakarta Selatan. Seperti Rekam KTP, Pembuatan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA. Saya harap dengan adanya kemudahan ini, masyarakat akan lebih semangat menyelesaikan administrasi kependudukannya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan Abdul Haris, mengatakan, sebanyak 200 peserta hadir pada sosialisasi GISA itu.

"Kami berharap dengan adanya sosialisasi GISA ini masyarakat bisa aktif mendatangi kelurahan. Karena sebagai contoh, dalam proses pembuatan akte sekarang sudah cukup sampai di kelurahan saja," ucapnya.

Baca juga: Sistem administrasi perkantoran maya diberlakukan di Kulon Progo-DIY
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019