Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menandatangani nota kesepakatan bersama Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Indonesia Air Asia untuk membuka rute penerbangan langsung Pert - Lombok pulang pergi.

Penandatangan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dengan Air Asia yang diwakili Direktur Utama, Dendy Kurniawan berlangsung di kantor Air Asia , Kota Tangerang Banten, Kamis.

Gubernur Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, menyatakan penandatanganan nota kesepakatan bersama itu adalah tindak lanjut konkret dari dua pertemuan antara Pemprov NTB dengan PT Indonesia AirAsia sebelumnya.

Pascapenandatanganan MoU, Air Asia akan menambah rute penerbangan langsung "direct flight" Perth, Australia – Lombok dengan menempatkan dua pesawat di Bandara Internasional Lombok (BIL) dan menambah frekuensi penerbangan Kuala Lumpur – Lombok menjadi lebih dari dua kali sehari.

"Ini ikhtiar cepat dan akselerasi untuk membangkitkan dan menggairahkan kembali perekonomian NTB pascabencana dari sektor pariwisata. Kerjasama dalam memperbanyak rute penerbangan domestik dan internasional, terutama "direct flight" dengan Air Asia akan sangat membantu dalam meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan asing ke Lombok dan Sumbawa," kata Zulkieflimansyah.

Ia mengatakan bukti bahwa kerja sama itu konkret dan cepat, yakni dibuktikan bahwa tiket penerbangan dari Perth ke Lombok sudah bisa dipesan mulai Kamis 14 Maret 2019.

"Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya armada maskapai, rute dan frekuensi penerbangan, akan menurunkan harga tiket dan ujung-ujungnya bakal semakin banyak wisatawan nusantara dan mancanegara yang kembali berkunjung ke NTB," ujar Doktor Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Dirut PT Indonesia Air Asia, Dendy Kurniawan mengatakan, pihaknya sepakat untuk mendukung kebangkitan perekonomian NTB pascabencana gempa bumi, melalui sektor pariwisata. "Tentunya kapasitas kami sebagai sebuah maskapai penerbangan dalam penyelenggaraan penerbangan ke NTB," ujarnya.

Dendy juga menekankan dalam waktu dekat akan menempatkan dua pesawat Air Asia di Lombok untuk melayani rute baru "direct flight" Perth – Lombok dan penambahan frekuensi baru Kuala Lumpur – Lombok.

"Selanjutnya juga akan membuka rute baru Yogyakarta dan Bali pada pertengahan tahun ini," katanya.


Baca juga: Garuda Indonesia segera buka rute Lombok-Guangzhou
Baca juga: AirAsia tambah penerbangan Lombok-Kuala Lumpur


Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019