Jakarta (ANTARA) - Persija Jakarta berhasil menundukkan tuan rumah Shan United dengan skor 3-1 dalam lanjutan penyisihan Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Selasa.

Kendati sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Reo Nakamura, Persija bangkit dan meraih kemenangan lewat dwigol Bruno Matos dan satu gol dari Steven Paulle, demikian catatan laman resmi AFC.

Kemenangan itu untuk sementara mengangkat posisi Macan Kemayoran ke puncak klasemen Grup G dengan raihan empat poin, sedangkan Shan United (0) tertahan sebagai juru kunci.

Posisi Persija belum aman karena laga lain antara Becamex Dinh Duong melawan Ceres-Negros masih berlangsung.

Shan sempat mengejutkan tamunya saat membuka keunggulan lewat Nakamura pada menit ke-14 yang berlari menyambut umpan tarik kiriman Yan Naing Oo, yang gagal dihalau Paulle, dan sukses menaklukkan kiper Shahar Ginanjar.

Persija berpeluang menyamakan kedudukan pada menit ke-40 saat Matos melepaskan eksekusi tendangan bebas yang cantik, namun ditolak mistar gawang, memaksa mereka turun minum dalam keadaan tertinggal 0-1.

Tim tamu memasuki babak kedua dengan agresif, dan meski peluang Matos sempat kembali tersbuang, legiun Brazil itu akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-66 saat ia menyelesaikan umpan terobosan dari Heri Susanto.

Sejak itu Persija tampil dominan dan akhirnya berbalik unggul ketika sepak pojok Ismed Sofyan berhasil disambut Paulle di muka gawang pada menit ke-77.

Tujuh menit jelang waktu normal usai, kerja sama antara Riko Simanjuntak dan Rohit Chand diakhiri dengan sebuah umpan matang yang diselesaikan oleh Matos demi memperbesar kemenangan Persija menjadi 3-1.

Di laga berikutnya, Persija akan bertandangan ke markas Ceres Negros di Filipina tiga pekan lagi, sedangkan Shan menjamu Becamex.

Susunan pemain:

Shan United: Myo Min Latt; Htike Htike Aung, David Htan, Hein Thiha Zaw, Ye Min Thu; Zin Min Tun, Yan Naing Oo, Reo Nakamura, Set Phyo Wai (Suan Lam Mang), Hedipo Conceicao (Dway Ko Ko Chit); Maycon
Pelatih: Min Thu U

Persija: Shahar Ginanjar; Dany Saputra, Maman Abdurahman, Steven Paulle, Ismed Sofyan; Rizki Ramdani Lestaluhu (Sandi Sute), Bruno Matos, Rohit Chand, Heri Susanto (Fitra Ridwan), Riko Simanjuntak; Silvio Escobar (Bambang Pamungkas)
Pelatih: Ivan Kolev

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019