Banda Aceh (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Aceh Singkil pada Senin malam getarannya tidak hanya terasa di beberapa bagian Aceh, namun juga terasa di wilayah provinsi tetangga Sumatera Utara. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam siaran persnya menyebutkan getaran gempa yang semula dideteksi bermagnitudo 5,5 namun kemudian dimutakhirkan menjadi 5,3 itu selain terasa di wilayah Aceh seperti Singkil (IV Modified Mercalli Intensity/MMI) dan Kota Subulussalam (II MMI) juga terasa di beberapa bagian Sumatera Utara.

Di Sumatera Utara, getaran gempa itu dirasakan di Gunung Sitoli dan Nias Utara (III-IV MMI), Teluk Dalam di Nias Selatan (II-III MMI), Sidikalang di Dairi (II MMI), Dolok Sanggul di Humbang Hasundutan (II MMI), Sibolga dan Tapanuli Tengah (II-III MMI).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," terang dia.

Ia menjelaskan gempa itu termasuk gempa bumi dangkal berdasarkan titik episenter yang terletak di laut pada kedalaman 52 kilometer di koordinat 1,96 Lintang Utara dan 97,82 Bujur Timur, 34 kilometer arah selatan Kota Singkil di Aceh Singkil.

Gempa bumi dangkal terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia di zona megathrust atau gerak sesar naik yang merupakan zona subduksi lempengan yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa yang sangat aktif di wilayah Sumatra.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik atau thrust fault," kata Rahmat.

Ia mengatakan bahwa hingga pukul 20.43 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Baca juga:
Gempa 5,5 SR guncang Aceh Singkil
Aceh alami 294 kali bencana di 2018

 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019