Kalau menurut saya dengan berhenti di Stasiun Manggarai, okupansi kereta bandara ini menjadi 60 persen karena orang Depok, Bekasi bisa langsung.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meyakini jumlah keterisian atau okupansi penumpang Kereta Api (KA)  Bandara akan naik lebih dari 60 persen saat dioperasikan sampai Stasiun Manggarai sekitar akhir Maret nanti. 

“Kalau menurut saya dengan berhenti di Stasiun Manggarai, okupansi kereta bandara ini menjadi 60 persen karena orang Depok, Bekasi, bisa langsung. Kalau sekarang ini harus sampai ke Dukuh Atas terlebih dahulu,” kata Menhub dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin. 

Saat ini KA Bandara berhenti sampai Stasiun Dukuh Atas. Dengan beroperasinya KA Bandara hingga Stasiun Manggarai, diyakini akan semakin memudahkan masyarakat Jabodetabek yang akan menuju bandara terbesar di Asia Tenggara ini. 

"KA Bandara yang tadinya sampai Dukuh Atas sebentar lagi akan dioperasikan sampai Stasiun Manggarai, semua angkutan-angkutan yang dari Depok, Bekasi, bisa ganti di tempat itu, sehingga kereta bandara bisa point to point," katanya. 

Selain KA Bandara , Menhub menjelaskan pula terkait rencana beroperasinya kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta pada April 2019.

“MRT rencananya awal bulan Maret ini akan dioperasikan secara khusus dan baru nanti bulan April dioperasikan secara umum. Insya Allah memberikan suatu layanan yang baik,” katanya. 

Jelang pengoperasan, MRT juga telah dilakukan uji coba dengan mengajak sejumlah pemangku kepentingan untuk menjajal kereta yang dinamakan Ratangga tersebut. 

Pemerintah juga akan segera membangun kawasan berbasis transi (transit oriented development) untuk integrasi dengan pusat kegiatan ekonomi.

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019