Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise memimpin prosesi pemakaman Menteri Urusan Peranan Wanita Kabinet Pembangunan IV dan V Anindiyati Sulasikin Moerpratomo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Rabu.

Yohana Yembise yang menjadi inspektur upacara pada prosesi pemakaman tersebut mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. "Semoga amal ibadah almarhumah diterima di sisi Tuhan YME dan bagi keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan. Amin".

Almarhumah yang merupakan politisi senior Partai Golkar menjadi Menteri Urusan Peranan Wanita Kabinet Pembangunan IV dan V pada periode 1987 sampai dengan 1993. Selain itu, sosok yang akrab disapa Moer ini juga dikenal tegas dan juga selalu membela hak-hak perempuan. 

Politisi partai bergambar pohon beringin Nurul Arifin mengatakan ketegasan almarhumah menjadi inspirasi bagi dirinya dan rekan lainnya di Partai Golkar. Dirinya mengenal sosok Sulasikin Moerpratomo yang konsisten memperjuangkan nasib kaum perempuan.

"Kami sebagai kader selalu dibela hak-haknya untuk dapat berperan aktif di partai. Selain itu, beliau juga selalu menyemangati kami dan berada di barisan terdepan membela perempuan," lanjutnya 

Nurul Arifin menilai bahwa almarhumah merupakan sosok yang cinta budaya bangsa, salah satu wujudnya selalu mengenakan kebaya.

Menteri Urusan Peranan Wanita era pemerintahan Presiden Soeharto yang meninggal dunia pada usia 91 tahun di Rumah Sakit MMC Kuningan ini pernah menerima tanda jasa Bintang Mahaputra Adipradana. 

 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2019