Round up: Antusiasme di debat perdana capres

id Pemilu 2019,Debat Capres 2019,Pilpres 2019,debat capres,debat capres-cawapres

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (ketiga kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) bersalaman dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) usai debat capres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.


Jakarta (ANTARA News) - Suara merdu Dorkas Woray yang melantunkan tembang milik Godbless, Rumah Kita, mengakhiri debat pertama yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis malam.

Debat pertama dalam hajatan Pemilihan Presiden 2019 kali ini bertema hukum, korupsi, terorisme dan hak asasi manusia.

Dua pasangan calon, Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno memenuhi gelaran debat sebagai salah satu amanat UU No 7/2017 tentang Pemilu.

UU Pemilu mengamanatkan debat sebagai salah satu metode dalam kampanye pada pemilu. Dalam UU tersebut, dinyatakn debat akan dilakukan sebanyak lima kali.

Denyut debat perdana dua pasangan calon tersebut tidak hanya dirasakan di Jakarta, sebagai tempat penyelenggaraan.

Antusiasme tidak hanya di Hotel Bidakara, di mana suporter pasangan kedua calon tersebut memenuhi arena debat.

Di Jakarta, kedua kubu juga menggelar nonton bareng debat melalui televisi. Di kubu Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, nonton bareng debat dipusatkan di Rumah Aspirasi, Jakarta Pusat.

Namun demikian, sejumlah relawan juga menggelar nobar debat. Tim Kemenangan Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf DKI Jakarta, misalnya menggelar nobar di GOR Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur.

Sementara relawan cawapres KH Ma'ruf Amin yang tergabung dalam Master C19 Portal KMA menggelar tahlilan dan doa bersama sebelum nonton bareng (Nobar) debat capres perdana.

Tahlilan dan nobar digelar di markas relawan di Jln. Cirebon No 19, Menteng, Jakarta. Hadir dalam kegiatan itu Ahmad Syauqi, putra Kiai Ma'ruf Amin.

Badan Pemenangan Nasional Prabowo Sandi, menggelar empat nobar di Jakarta.

Pertama di Media Center Prabowo-Sandi Jalan Sriwijaya 1 No. 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang menjadi tempat utama nobar karena akan dihadiri juru bicara dan juru debat BPN Prabowo-Sandi.
    
Kedua, nobar yang diadakan Gerakan Milenial Indonesia (GMI) se-Jabodetabek dan Banten yang bertajuk "Debat Capres dan Talkshow Bersama Influencer, Siapkah yang Muda yang Memimpin?" di Hallf Patinunus, Jl. Patiunus No. F4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Narasumber dalam acara tersebut adalah Asky Febrianti (Fashion Designer), Kathy Indera (Artis dan Blogger), Fardhan Khan (Aktor dan Entrepreneur), dan G. Budisatrio Djiwandono (Anggota DPR-RI Fraksi Gerindra).

Ketiga, nobar debat capres yang diadakan Roemah Djoeang bersama ratusan relawan di Jalan Wijaya I No 81, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
    
Keempat, nobar debat capres yang diadakan Seknas Prabowo-Sandi bersama para relawan di Jalan HOS Cokroaminoto No.93, Jakarta Pusat.

Gelaran nobar tidak hanya di masing-masing kubu. Pendukung pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga menggelar nonton bareng debat capres-cawapres bersama di Jakarta, untuk menunjukkan meskipun pilihan berbeda tetap harus akur.

Pendukung pasangan calon nomor urut 01 yang hadir dari wadah Relawan KitaSatu dan UI Milenial for Jokowi, sementara pendukung pasangan calon nomor urut 02 dari relawan Pride serta Sahabat Prabowo-Sandi.

Acara itu adalah inisiatif dari anak-anak muda yang melihat situasi politik yang terus memanas.

Inisiator Relawan KitaSatu Metha mengatakan perbedaan pilihan tidak menghentikan anak-anak muda yang saling kenal untuk membangun kebersamaan.

"Kebersamaan yang positif walau beda pilihan, tujuan sama untuk Indonesia yang lebih baik maju," ujar Metha.   

menyebar ke daerah

Nonton bareng tidak hanya di Jakarta, namun juga menyebar hingga ke daerah. Masing-masing kubu juga menggelar nobar di berbagai daerah.

Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar nonton bareng (nobar) debat calon presiden dan calon wakil presiden melalui layar lebar.  

Puluhan relawan dan pendukung pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Kantor DPD Partai Golkar NTB tersebut.

Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Amin NTB, H Misbach Mulyadi, mengatakan, kegiatan nobar tersebut sebagai penyemangat bagi para relawan dan pendukung untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di NTB pada 17 April 2019.

Sementara Pemerintah Kota Bogor juga menggelar nobar debat di Balai Kota. Wali Kota Bogor Bima Arya dalam kesempatan itu mengajak para lurah dan camat untuk menonton debat.

Pemkot Bogor secara khusus menerbitkan undangan untuk kegiatan nobar Debat Pilpres 2019 ini yang ditandangani langsung oleh Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggelar nonton bareng (nobar) debat perdana Calon Presiden dan Wakil Presiden RI pada Kamis (17/1) malam di pelataran parkir setempat.

"Nobar kita gelar di pelataran parkir kantor KPU Medan Jalan Kejaksaan No 37 Medan mulai pukul 20.00 WIB sampai selesai," kata Koordinator Divisi Teknis KPU Medan M. Rinaldi Khair di Medan.

Sementara Partai Gerindra Nusa Tenggara Timur menyiapkan 23 titik di NTT untuk mengelar nobar debat perdana,

Ramainya nobar, telah membuat debat menjadi salah satu tontonan masyarakat. Nobar debat memberikan kegembiraan bagi masyarakat, demikian disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.***2***

(T.M041

Pewarta : M Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar